facebook

Enggak Cuma Hobi, Ini 3 Manfaat dari Menulis yang Sayang Dilewatkan!

Keza Felice
Enggak Cuma Hobi, Ini 3 Manfaat dari Menulis yang Sayang Dilewatkan!
Ilustrasi seseorang mengetik (Unsplash)

Di era digital seperti saat ini banyak sekali platform menulis yang dapat diandalkan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Menulis pun tidak lagi sekadar hobi, banyak pula yang menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan. Tak sedikit orang yang memilih untuk menjadi content writer, penulis novel, ataupun ghost writer, semuanya melibatkan kegiatan menulis. Bukan tanpa alasan mengapa hal tersebut dilakukan, sebab menulis bisa memberikan berbagai manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Beberapa di antara manfaat  menulis adalah sebagai berikut.

1. Menjadi Sumber Penghasilan

Menulis bisa menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang mudah dilakukan oleh siapa pun dan di mana pun berada. Kamu bisa menulis di saat waktu luang dan mendapatkan penghasilan dengan jumlah yang tidak sedikit. Kamu bisa mendapatkan gaji mingguan, bulanan, atau justru dibayar setiap kali menulis.

Kamu juga bisa menuliskan banyak hal, seperti cerita, artikel, opini, dan lain sebagainya. Semakin banyak kamu menulis, maka semakin banyak penghasilan yang akan kamu dapatkan. Apalagi bila kamu juga bisa menjadi ghost writer dan menulis di belakang layar untuk beberapa website, ini akan semakin meningkatkan penghasilanmu. 

2. Meredakan Rasa Stres

Stres akibat aktivitas dan pekerjaan sehari-hari bisa mendatangkan permasalahan dalam hidupmu. Terkadang kamu jadi gelisah dan uring-uringan sepanjang waktu. Hal tersebutlah yang pada akhirnya dapat menimbulkan pikiran negatif yang dapat menjerumuskanmu pada hal-hal yang kurang baik. Sementara itu dengan kegiatan menulis kamu akan lebih mudah untuk mengatasi stres.

Kamu dapat menuangkan perasaanmu dalam sebuah tulisan, misalnya pada sebuah puisi atau cerita pendek. Bahkan, kamu juga dapat menjadikan permasalahan yang dimiliki sebagai sumber ide, seperti saat kamu merasa bad mood karena diputuskan pacar, maka kamu bisa menulis sebuah artikel bertema relatonship dengan topik yang serupa. Dengan begitu setiap yang kamu lalui dapat bermanfaat untuk menghasilkan uang tambahan.

3. Mengasah Kemampuan Berpikir

Saat kamu telah menelateni kegiatan menulis, maka secara tidak langsung kemampuan berpikirmu akan terus terasah. Hal ini terjadi ketika kamu berusaha untuk menemukan ide yang fresh dan menarik. Kamu akan terus mencari sisi yang berbeda dari sebuah topik yang mungkin sebelumnya tidak pernah kamu bayangkan. Bahkan, kamu akan menemukan wawasan baru sehingga pengetahuan dan pengalamanmu  juga akan bertambah.

Menjadi seorang penulis secara otomatis akan menempatkan kamu sebagai seorang pembaca. Ketika kamu membaca berbagai referensi, maka di saat itu pula daya ingatmu akan terasah. Dan tentu saja kegiatan tersebut sangat menguntungkan karena kamu akan lebih mudah untuk mengetahui berbagai hal.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak