facebook

3 Kemampuan yang Harus Dimiliki dalam Menggunakan Internet

Sapta Stori
3 Kemampuan yang Harus Dimiliki dalam Menggunakan Internet
Ilustrasi berselancar di internet (unsplash.com/Benjamin Dada)

Informasi yang kita dapatkan dari internet begitu beragam dan nyaris tak terbatas. Jika kita ingin mengetahui sesuatu, cukup ketikkan kata kunci dan semua informasi yang ingin kita dapatkan pun tersedia.

Dewasa ini, internet layaknya kebutuhan primer yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Namun, tidak sekadar menjadi pengguna aktif, kita juga harus memiliki kemampuan-kemampuan berikut ini dalam menggunakan internet, di antaranya.

Berikut ini 3 kemampuan yang harus dimiliki dalam menggunakan internet.

1. Kemampuan memilih, memilah dan menyaring informasi

Tidak semua informasi yang kita dapat dari internet, seperti misalnya media sosial, merupakan informasi yang benar, tepat dan akurat. Banyak pula informasi palsu atau berisi kebohongan. Karenanya, kita dituntut untuk memiliki kemampuan memilih, memilah dan menyaring informasi. Ketika kita memperoleh suatu informasi, ada baiknya kita mencari tahu dari berbagai sumber dan tidak lantas mempercayai informasi dari satu sumber begitu saja.

Selain itu, kita juga harus mampu membedakan apa yang baik dan buruk. Sikap tersebut akan membantu kita untuk tidak mudah meniru perilaku-perilaku kurang baik yang kita lihat di internet.

2. Kemampuan untuk membaca dengan saksama

Banyak orang yang menggunakan internet atau biasa disebut warganet, tidak cermat dalam memperhatikan informasi dan kurang saksama dalam membaca. Akibatnya, informasi yang didapat hanya separuh atau tidak mampu dipahami dengan baik. Terlebih, jika informasi tersebut disampaikan kembali kepada orang lain secara tidak utuh, sehingga menimbulkan kesalahpahaman dan menyebabkan kesimpangsiuran.

Oleh karena itu, diperlukan kemampuan untuk membaca setiap informasi secara menyeluruh dan saksama. Penting untuk kita lebih dahulu benar-benar memahami apa yang disampaikan sebelum memberikan tanggapan atau menyebarkan kembali informasi tersebut.

3. Kemampuan untuk teguh pendirian

Saat kita mampu teguh pendirian untuk tetap meyakini nilai-nilai kebenaran, kita tidak akan mudah terpengaruh atau terpapar input-input yang kurang baik atau bahkan tidak patut untuk ditiru. Dengan begitu, informasi seperti apa pun yang kita dapatkan dari internet, kita akan tetap berpegang pada nilai dan norma kebaikan yang kita anut.

Demikian tiga kemampuan yang harus dimiliki dalam menggunakan internet. Mari kita menggunakan internet dengan bijak, demi mencegah dampak buruk yang ditimbulkan oleh internet.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak