facebook

Sering Merasa Stres? Coba 5 Langkah Sederhana Ini untuk Mengatasinya

Susanti ..
Sering Merasa Stres? Coba 5 Langkah Sederhana Ini untuk Mengatasinya
Ilustrasi stres.[pixabay.com/shiftgraphix]

Stres yang berlarut-larut lama-lama akan menurunkan kualitas hidup. Misalnya saja, kamu jadi kesulitan berkonsentrasi menyebabkan performa kerjamu menurun. Kamu jadi sering marah-marah menyebabkan rusaknya hubungan interpersonalmu, dan berbagai dampak buruk stres lainnya.

Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa langkah sederhana agar yang kamu alami bisa ditekan hingga seminimal mungkin. Ingin tahu apa saja langkah tersebut? Mari simak ulasan di bawah ini!

1. Terapkan mindfullness

Di antara penyebab stres semakin parah adalah terus menyesali masa lalu dan terlalu mengkhawatirkan masa depan. Untuk mengatasinya, cobalah terapkan mindfullness, yakni pusatkan perhatianmu pada momen saat ini.

Misalnya, ketika sedang makan. Coba perhatikan aromanya, teksturnya, warnanya, hingga kamu bisa benar-benar nikmati bagaimana enaknya rasa makanan yang sedang dikonsumsi. Sering-sering mempraktikkan ini bisa mencegahmu berpikir yang tidak-tidak karena perhatianmu terfokus pada yang sedang dijalani.

2. Sering-sering mendengarkan lagu yang bersemangat

Kalau kamu termasuk orang yang gampang stres, sebaiknya hindari menyetel musik-musik galau. Bisa makin stres nantinya.

Ganti dengan jenis musik penyemangat atau bertempo cepat supaya bisa mengusir kegalauan dan menaikkan mood. Kamu jadi enggak stres lagi, deh!

3. Melakukan massage

Tubuh kamu membutuhkan waktu untuk istirahat dan rileks, lho. Oleh sebab itu, jangan merasa bersalah untuk bersantai, misalnya dengan melakukan massage atau pijat. Hal ini cukup ampuh untuk mengendurkan otot-otot yang kaku serta membuat pikiranmu jadi lebih rileks.

4. Konsumsi jenis makanan yang sehat

Langkah sederhana selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk meminimalkan stres, yaitu mengonsumsi makanan yang sehat. Enggak hanya baik bagi kesehatan seluruh tubuh, tapi juga menjaga kesehatan otak. Kalau kondisi otak fit, maka kamu pun enggak gampang terkena stres.

5. Biasakan berbicara positif ke diri sendiri

Apakah kamu sering berbicara negatif ke diri sendiri? Nah, mulai sekarang coba deh lebih welas asih ke diri sendiri dengan mengatakan ucapan-ucapan positif. Gunanya apa? Supaya bisa menghilangkan kebiasaanmu berpikir negatif yang sering kali jadi penyebab kamu stres enggak karuan.

Itu dia beberapa kiat mengatasi stres yang bisa kamu terapkan. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak