facebook

5 Cara agar Bisa Profesional dalam Suatu Bidang, Simak Yuk!

Desyta Rina Marta Guritno
5 Cara agar Bisa Profesional dalam Suatu Bidang, Simak Yuk!
Ilustrasi menulis (Pixabay.com/StarupStockPhotos)

Dalam mempelajari atau menekuni suatu bidang, seseorang pasti ingin kegiatannya tersebut tidak hanya sekadar kesibukan saja. Menjadi profesional atau mahir dalam suatu bidang memberi kita banyak keuntungan, misalnya kamu mahir dalam dunia kepenulisan, kemahiran tersebut bisa jadi modal untuk menjual tulisanmu dan kamu pun bisa menjadikan menulis sebagai profesi.

Lantas, bagaimana cara agar bisa profesional dalam suatu bidang? Berikut adalah ulasannya.

1. Kenali bidang tersebut

Ingin mahir dalam suatu bidang tertentu tanpa mengenalinya terlebih dahulu adalah sesuatu ang tidak mungkin. Mengenali disini bukan berarti hanya sekadar tahu, tetapi juga mengenal secara lebih dalam seperti apa sebenarnya bidang yang akan kamu geluti, siapa yang sudah terlebih dahulu profesional di bidang tersebut, bahkan kesulitan-kesulitan dalam menekuni itu juga perlu diketahui.

2. Cari ilmu dari mana saja, asal valid

Langkah selanjutnya adalah dengan mencari ilmu tentang bidang tersebut darimana saja, asalkan terbukti kevalidannya. Saat ini, ada banyak media yang memungkinkan kita untuk mengetahui sesuatu.

Tidak harus bersumber dari buku tebal yang ada di perpustakaan, tidak harus pula kita datang ke narasumber yang akan kita tanyai, dengan teknologi kita bisa belajar ilmu apapun dengan mudah dan cepat.

3. Belajar setiap hari

Bisa karena biasa adaah konsep yang perlu kamu terapkan, cari ilmu sebanyak mungkin darimana saja, kemudian pelajari sedikit demi sedikit dan lakukan secara rutin alias setiap hari. Dengan membiasakan diri seperti ini, lama-kelamaan kamu akan merasa biasa dan akhirnya menjadi bisa.

4. Praktikkan secara bertahap

Mempelajari ilmu tanpa mempraktikkannya juga terasa kurang afdal. Setelah belajar dan paham satu hal, kemudian praktikkanlah. Salah tidak apa-apa karena itu bagian dari proses, serta jangan mudah menyerah sebelum kamu benar-benar menguasai.

5. Cari mentor

Untuk mempermudah proses belajarmu, kamu bisa mencari seorang mentor yang sudah profesional terlebih dahulu. Dari dia, kamu bisa meminta saran dan koreksi apabila ada kesalahan yang perlu diperbaiki.

Itulah 5 cara agar bisa profesional dalam suatu bidang, selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak