facebook

3 Hal yang Penting untuk Dilakukan saat Bertransaksi di ATM

Sapta Stori
3 Hal yang Penting untuk Dilakukan saat Bertransaksi di ATM
Ilustrasi transaksi di ATM (Unsplash.com/Nick Pampoukidis)

Anjungan Tunai Mandiri atau biasa disingkat ATM merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh bank bagi nasabahnya untuk memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi. Tak hanya di bank, kini mesin ATM tersedia di berbagai tempat, seperti di SPBU, toserba dan di tempat-tempat lainnya yang mudah dijangkau oleh nasabah.

Kewaspadaan kita sebagai nasabah sangat dibutuhkan ketika menggunakan mesin ATM. Jika tidak waspada, kita bisa kehilangan uang atau terjebak dalam tindak penipuan. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan saat bertransaksi di ATM, di antaranya:

1. Berhati-hati saat memasukkan nomor PIN

Nomor PIN menjadi rahasia setiap nasabah. Saat bertransaksi di ATM, berhati-hatilah saat memasukkan nomor PIN.

Beberapa mesin ATM memang sudah dilengkapi dengan penutup pada bagian tombol fungsi, tapi ada baiknya kita tetap waspada dan menjaga agar jangan sampai ada orang yang mengintip transaksi kita dan mengetahui nomor PIN ATM kita. Pun, jangan mudah memberikan nomor PIN ATM kepada orang lain.

2. Memeriksa kembali dompet

Setelah bertransaksi, ada baiknya kita memeriksa kembali dompet dan memastikan kartu ATM yang telah dipakai untuk bertransaksi sudah ada di dalamnya. Jangan sampai kartu ATM kita tertinggal.

Selain itu, jika keadaannya memungkinkan, ada baiknya kita segera menghitung kembali uang yang diambil dari ATM, sehingga kita bisa segera melakukan sesuatu jika memang ada kekurangan.

3. Jangan mudah percaya kepada orang lain

Hal penting lainnya yang harus kita lakukan saat bertransaksi di ATM ialah kita tak boleh mudah percaya kepada siapa pun. Jika ada gangguan atau kesulitan, ada baiknya kita langsung meminta tolong pada petugas keamanan atau menelepon bank yang bersangkutan.

Sebisa mungkin, jangan hiraukan jika ada orang lain yang menawarkan bantuan, karena kita tidak pernah tahu apakah ia benar-benar ingin menolong atau justru berniat tidak baik.

Selain itu, pastikan pula nomor telepon yang dituju benar-benar merupakan nomor pusat layanan bank. Sebab, tak sedikit penipu yang mencantumkan nomor pusat layanan palsu pada mesin ATM yang tidak diawasi untuk menipu korbannya.

Demikian tiga hal yang penting untuk dilakukan saat melakukan transaksi di ATM. Ketelitian kita ketika bertransaksi di ATM akan membantu kita terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak