facebook

3 Manfaat Mengizinkan Anak Bersekolah Sesuai dengan Minatnya

Sapta Stori
3 Manfaat Mengizinkan Anak Bersekolah Sesuai dengan Minatnya
Ilustrasi seorang anak yang bersekolah (unsplash.com/CDC)

Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting bagi anak. Selain membentuk anak menjadi pribadi yang pandai dan berbudi, orang tua menyekolahkan anak dengan harapan anak-anak mereka bisa memiliki masa depan yang lebih baik dibandingkan orang tuanya.

Tak dapat dipungkiri, ada sebagian orang tua yang merasa cemas dengan masa depan anaknya dan memilih untuk menyekolahkan anaknya di tempat yang dirasa baik untuk pendidikan anak atau di jurusan yang dirasa memiliki prospek yang cerah di masa depan.

Namun, setiap anak memiliki minat dan bakatnya masing-masing. Seringkali, mereka juga memiliki pilihan sendiri untuk bersekolah di tempat atau jurusan yang mereka minati. Orang tua mungkin akan merasa bimbang dengan pilihan anak, tapi ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika orang tua mengizinkan anak bersekolah sesuai dengan minatnya, di antaranya ialah:

1. Anak nyaman dalam belajar

Jika anak bersekolah sesuai dengan minatnya, kegiatan sekolah yang ia jalani juga akan menyenangkan. Hal ini akan membuat anak menikmati masa-masa sekolah mereka dan menemukan kenyamanan dalam belajar.

Banyak anak yang tertekan ketika ia dipaksa belajar tentang sesuatu yang bukan minatnya. Akibatnya, anak menjadi stres, lebih sulit dalam menyerap pelajaran dan menimbulkan rasa malas pergi ke sekolah.

2. Anak lebih mudah berprestasi

Ketika anak sudah merasa nyaman dan senang menjalani kegiatan sekolahnya, ia tentu akan lebih mudah berprestasi. Sebab, apa yang ia jalani merupakan hal yang ia sukai. Ia pasti merasa antusias dalam setiap pelajaran dan berkeinginan kuat untuk menghasilkan sesuatu di masa sekolahnya.

3. Anak akan merasa bersyukur dan bangga kepada orang tuanya

Beberapa anak mungkin akan mendengar temannya bercerita bahwa ia dipaksa bersekolah di jurusan atau tempat yang tidak ia minati. Anak yang diizinkan untuk bersekolah sesuai dengan minatnya pasti akan lebih bersyukur dan merasa bangga kepada orang tuanya. Sebab, ia memiliki orang tua yang demokratis dan mendengarkan keinginannya.

Demikian tiga manfaat mengizinkan anak bersekolah sesuai dengan minatnya. Orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya, tapi penting pula bagi orang tua mengetahui keinginan anak dan mempertimbangkannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak