facebook

Jangan Ditiru! 4 Alasan Orang Melanggar Peraturan

Sapta Stori
Jangan Ditiru! 4 Alasan Orang Melanggar Peraturan
Ilustrasi papan tanda dilarang masuk (Unsplash.com/Raúl Nájera)

Terciptanya keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat, tidak terlepas dari kepatuhan dan ketaatan anggota masyarakat terhadap peraturan yang berlaku di sekitarnya. Lingkungan yang bebas dari sikap melanggar aturan tentunya akan membuat kita merasa aman, tentram dan nyaman.

Namun, sebagian orang memilih untuk mengabaikan aturan-aturan tersebut, bahkan melanggarnya. Jika kita termasuk orang yang terbiasa menaati peraturan, hal ini tentunya cukup mengherankan dan membuat kita menebak-nebak apa pasalnya mereka sulit sekali menaati peraturan yang berlaku.

Untuk mengetahuinya, simak empat hal yang menjadi alasan seseorang melanggar peraturan berikut ini.

1. Meniru atau mencontoh orang lain

Membuang sampah, misalnya. Banyak orang yang mengabaikan peraturan membuang sampah pada tempatnya, karena mereka melihat orang lain yang lebih dulu membuang sampah sembarangan. Lantas, mereka pun ikut-ikutan melanggar aturan.

Padahal, sejak kecil kita diajarkan bahwa kita tidak boleh meniru perbuatan yang salah. Lebih baik bagi kita berada di jalan yang benar meski sendirian, daripada beramai-ramai, tapi berada di jalan yang salah.

2. Kurangnya kesadaran

Mematuhi peraturan butuh kesadaran diri yang tinggi. Jika seseorang sudah tidak memiliki kesadaran untuk menaatinya, ia akan dengan ringan melanggar aturan tanpa merasa bersalah. Ketika seseorang tidak membiasakan diri untuk mematuhi peraturan, akan sulit untuknya menumbuhkan kesadaran akan hal ini.

3. Merasa tidak merugikan orang lain

Beberapa orang melanggar peraturan, karena mereka merasa perilaku mereka tidak merugikan orang lain. Padahal, pemikiran ini tentunya keliru. Sebab, jika seseorang melanggar peraturan, akan selalu ada orang yang dirugikan, baik dirinya sendiri maupun orang lain.

4. Tidak ada yang melihat

Seseorang berani melanggar peraturan, karena ia merasa tidak ada yang melihatnya saat melakukan hal tersebut. Dengan begini, ia merasa aman dari teguran atau hukuman yang sudah ditetapkan jika ketahuan melanggar.

Demikian empat alasan yang menyebabkan seseorang melanggar peraturan. Perbuatan yang kita lakukan akan mencerminkan kepribadian kita. Pribadi yang baik pasti akan melakukan hal-hal yang baik pula, begitu pun sebaliknya. Saat seseorang berani melanggar peraturan, tentu ia juga harus siap dengan konsekuensi yang harus ia terima.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak