facebook

4 Manfaat Membuat Makanan dan Camilan Sendiri di Rumah

Sapta Stori
4 Manfaat Membuat Makanan dan Camilan Sendiri di Rumah
Ilustrasi memanggang kue (unsplash.com/Tyson)

Siapa yang tidak suka ngemil? Ngemil atau memakan camilan kerap menjadi pilihan sembari melakukan kegiatan sehari-hari atau di saat santai. Kita mengenal berbagai macam makanan camilan, seperti kacang-kacangan atau buah-buahan. Namun, ada pula di antaranya yang merupakan camilan olahan, seperti biskuit atau kue-kue kering.

Kini, ada banyak resep-resep camilan yang mudah untuk dipraktikkan. Walau seringkali rasa malas lebih dahulu menyerang, tapi nyatanya ada banyak manfaat yang didapat ketika kita mampu membuat camilan sendiri di rumah, di antaranya:

1. Lebih sehat

Membuat camilan sendiri tentu lebih menyehatkan bagi tubuh. Sebab, kita bisa memastikan sendiri bahan-bahan yang kita gunakan merupakan bahan-bahan yang baik. Pengolahannya pun lebih higienis, karena kita sendiri yang membuatnya.

Selain itu, camilan yang dibuat sendiri juga bebas dari bahan pengawet. Jika pengolahannya tepat, gizi yang kita dapatkan dari camilan yang kita buat sendiri pastinya lebih banyak dibanding jika kita membeli camilan dari luar.

2. Lebih hemat

Selain lebih sehat, membuat camilan sendiri juga ternyata bisa membantu kita berhemat, lo. Jika kita memanfaatkan uang jajan kita untuk membeli bahan-bahan membuat camilan, kita akan tahu bahwa membeli camilan dari luar cenderung lebih mahal dibanding membuat sendiri.

3. Meningkatkan keterampilan

Membuat camilan sendiri juga bisa meningkatkan keterampilan memasak. Semakin sering berlatih, kita akan menjadi semakin mahir. Tak hanya itu, membuat camilan sendiri juga bisa menghasilkan uang. Meski kita membuat camilan hanya untuk diri sendiri, kita bisa merekam cara pembuatan camilan tersebut ke dalam video dan mengunggahnya ke media sosial. Hal ini tentu bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

4. Merasakan kepuasan tersendiri

Kita tentu akan merasa puas dan lebih menikmati hasil camilan yang kita buat sendiri. Apalagi jika kita bisa berbagi pada saudara atau keponakan-keponakan kita, mereka tentu akan merasa senang. Kita pun akan merasa bangga, karena bisa menyajikan camilan hasil karya kita sendiri.

Demikian empat manfaat membuat camilan sendiri. Tentu saja, pastikan kita tetap menjaga agar konsumsi camilan kita tidak berlebihan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak