facebook

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Rajin Membersihkan Lipstik sebelum Tidur

Dream Praire
5 Alasan Mengapa Kamu Harus Rajin Membersihkan Lipstik sebelum Tidur
ilustrasi bibir (Pexels.com/Mart Production)

Lipstik adalah salah satu kosmetik yang dapat mempercantik bibir dan membuat penampilan wajah menjadi lebih menarik. Berbagai ragam warna semakin lama semakin bertambah dan memberikan pilihan yang lebih banyak kepada konsumen.

Walaupun lipstik membuat penampilan lebih menarik dan fresh, namun lipstik tak bisa dibiarkan sepanjang hari menempel di bibir. Kadang-kadang karena kesibukan atau berbagai hal lainnya, orang seringkali lupa membersihkan sisa lipstik yang dipakai. Bahkan sampai tidur di malam hari. Hal ini tentu saja tak baik jika dibiarkan terus menerus karena banyak akibat negatif yang ditimbulkannya.

Berikut 5 alasan mengapa  kamu sebaiknya tak lupa membersihkan lipstik sebelum tidur:

1. Agar bibir tidak menjadi kasar

ilustrasi memakai lipstik (Pexels.com) / Andrea Piacquadio
ilustrasi memakai lipstik (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Lipstik yang tertinggal di bibir dalam waktu lama apalagi semalaman, bisa membuat bibir menjadi kasar. Tidak semua kandungan bahan dalan lipstik aman dipergunakan  dan bebas iritasi. Kamu perlu memeriksa komposisinya , terutama jika kamu memiliki kecenderungan alergi terhadap bahan-bahan tertentu.

2. Agar bibir tidak menjadi hitam

ilustrasi merawat bibir (Pexels.com)/Antoni shkraba
ilustrasi merawat bibir (Pexels.com/Antoni shkraba)

Kandungan bahan kimia dalam lipstik yang tidak dibersihkan bisa menyebabkan perubahan warna pada bibir kamu. Kamu harus membersihkan lipstik dengan cermat namun tetap dengan cara  yang lembut. Pastikan tak ada sisa-sisa lipstik yang tertinggal, karena pigmen warna lipstik yang masih menempel pada kulit bibir bisa membuat warna bibir kamu menjadi hitam.

3. Mencegah bibir kering dan pecah-pecah

ilustrasi memakai lipstik (Pexesl.com/ AV PHOTOGRAPHY )
ilustrasi memakai lipstik (Pexesl.com/AV PHOTOGRAPHY )

Beberapa jenis lipstik ada yang tidak memiliki kandungan pelembab yang cukup.  Ha ini membiat bibir menjadi kering bahkan terlihat pecah-pecah. Membiarkan sisa lipstik semalaman hanya akan membuatnya lebih buruk lagi.

4. Mencegah pigmen lipstik tertinggal

ilustrasi memakai lipstik (Pexels.com/ Shinny Diamond)
ilustrasi memakai lipstik (Pexels.com/Shinny Diamond)

Terutama untuk jenis lipstik dengan warna pekat, kandungan pigmennya juga lebih kuat sehingga bisa saja masuk ke sela bibir. Apalagi jika bibir pecah-pecah, pigmen lipstik mudah masuk dan memberi warna permanen pada bibir.

5. Mengurangi risiko alergi

ilustrasi memakai lipstik (Pexels.com)/ Andy Barbour
ilustrasi memakai lipstik (Pexels.com/Andy Barbour)

Kebiasaan tidak membersihkan lipstik saat menjelang tidur juga akan meningkatkan risiko bibir mudah terkena alergi. Bibir yang menderita alergi biasanya menunjukkan gejala terasa perih, merah dan bahkan bengkak. Penyebab alergi bisa dipicu oleh adanya zat atau bahan tertentu dalam lipstik.

Itulah lima alasan mengapa kamu sebaiknya tak lupa membersihkan lipstik dan tak  membiarkannya semalamam saat tidur. Biasakanlah untuk rutin membersihakan sisa-sisa kosmetik yang kamu pergunakan termasuk lipstik. Selain rajin membersihkan sisa lipstik, lakukan juga perawatan yang benar agar bibir kamu tetap sehat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak