facebook

Selain Membaca Buku, Ini 4 Cara Menjadi Pribadi yang Memiliki Wawasan Luas

Dhelvin Agung
Selain Membaca Buku, Ini 4 Cara Menjadi Pribadi yang Memiliki Wawasan Luas
Ilustrasi pria. (pexels/ Andrea Piacquadio)

Memiliki pengalaman luas memang membuat kamu menjadi pribadi yang lebih berwibawa. Bukan hanya itu, dalam menghadapi masalah juga bisa kamu selesaikan dengan mudah. Sebab, kamu memiliki pengetahuan dan pengalaman yang banyak. Untuk memiliki wawasan luas memanglah tidak susah. Akan tetapi, tidak semua orang bisa memilikinya, sebab tidak semua orang bisa mengetahui cara mendapatkannya. Berikut empat cara menjadi pribadi yang memiliki wawasan luas.

1. Berani Bertanya

Ketika kamu belum mengetahui tentang suatu hal, maka kamu jangan malu untuk bertanya pada orang lain yang lebih tahu. Sebab, dengan kamu berani bertanya akan membuat kamu mendapatkan pengetahuan baru, sehingga akan membuat wawasan kamu semakin luas. Bukan hanya itu, dengan kamu berani bertanya pada orang lain juga akan menambah relasi kamu.

2. Membaca Buku

Dengan kamu sering membaca buku akan membuat kamu mendapatkan banyak pengetahuan. Bukan hanya itu, dengan sering membaca buku juga akan membuat kamu mendapatkan informasi yang selama ini belum kamu dapatkan. Dengan begitu, wawasan kamu akan menjadi luas dan bisa mengetahui hal yang lebih banyak.

3. Mengikuti Organisasi

Ketika kamu mengikuti organisasi, kamu akan berjumpa dengan orang-orang baru, melakukan kegiatan bersama, dan melakukan hal-hal baru. Dengan begitu, wawasan kamu akan menjadi luas. Bukan hanya itu, kamu juga akan mendapatkan pengalaman dan teman baru dari orang-orang yang sebelumnya belum pernah kamu kenal. Maka dari itu, jangan pernah malas untuk mengikuti organisasi.

4. Jangan Bertahan di Zona Nyaman

Jika kamu ingin memiliki wawasan luas, maka kamu harus berani untuk keluar dari zona nyaman. Kamu juga harus berani mencoba hal baru. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan pelajaran baru, sehingga wawasan kamu menjadi luas. Sebab, jika kamu hanya berada di zona nyaman terus. Pengetahuan dan pengalaman kamu hanya itu-itu saja dan tidak akan bertambah.

Itulah empat cara menjadi pribadi yang memiliki wawasan luas. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari memiliki wawasan luas, mulai dari memiliki banyak pengalaman hingga bisa menilai sesuatu dari berbagai sudut pandang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak