facebook

Lakukan 5 Hal Ini Dijamin Kamu Jarang Begadang, Yuk Dilakukan!

Boy Silaban
Lakukan 5 Hal Ini Dijamin Kamu Jarang Begadang, Yuk Dilakukan!
Ilustrasi Insomnia (Pixabay.com)

Memiliki pola tidur yang teratur adalah impian bagi semua orang khususnya orang orang yang sudah memasuki usia dewasa. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan untuk tidur di malam hari adalah karena masih terlalu segar, tidak mengantuk, dan tidak cukup lelah.

Hal ini mungkin terjadi karena pada malam sebelumnya waktu tidur anda kurang, tidak melakukan aktivitas apapun, dan istirahat pada waktu pagi atau siang hari. 

Nah, disini ada 5 tips buat anda agar dapat mengatasi kesulitan tidur atau kebiasaan sering begadang di malam hari. 

1. Biasakan Tidur Lebih Awal 

Apabila pada malam hari anda terbiasa tidur diatas jam 12 malam, maka mulailah tidur pada jam 9 malam. Namun, apabila masih belum bisa juga, jangan dipaksakan. Cobalah tidur sekitar jam 10 secara perlahan.

Jika anda masih kesulitan untuk tidur, mulailah menghitung sampai lelah dan atur lah pernapasan. Untuk meningkatkan kualitas tidur anda, ada baiknya berdoa dulu sebelum tidur. 

2. Hindarilah Tidur di Pagi dan Siang Hari

Biasanya jika melakukan aktivitas di pagi atau siang hari, hal ini dapat menghambat anda untuk lelah di malam hari agar dapat tidur dengan mudah. Bila anda tidur pada saat pagi atau siang hari, ketika bangun anda akan merasa lemas, malas, dan gerah dimana efek ini hanya berlaku beberapa waktu saja.

Nah, ketika efek itu sudah hilang, anda akan merasa lebih bugar. Seharusnya anda dapat mengatur waktu untuk kapan istirahat dan kapan bekerja. 

3. Buatlah List Kegiatanmu dalam Satu Hari 

Buatlah daftar atau list kegiatan anda dalam satu hari. Hal ini pasti sangat berguna agar aktivitas anda dalam satu hari itu teratur. Anda perlu membuat secara rinci karena bisa saja anda tidak bisa memenuhi semua yang ada di daftar atau list kegiatan anda itu.

Yang paling penting adalah bagaimana anda dapat memenuhi daftar atau list tersebut secara perlahan dan rutin. Secara langsung anda pasti akan menerima manfaatnya secara bertahap. 

4. Lakukanlah Hal yang Produktif

Poin ini dapat anda lakukan dengan mencari dan melakukan aktivitas yang dapat membuat anda merasa lelah dengan tidak berlebihan. Lakukan lah aktivitas anda sesuai daftar dan list yang telah anda buat tersebut pada poin sebelumnya. 

5. Olahraga yang Cukup

Untuk melengkapi keempat poin sebelumnya adalah lakukanlah olahraga yang cukup dengan rutin. Namun perlu diingat, apabila anda telah melakukan aktivitas yang cukup berat dalam satu hari itu, maka tidak perlu memaksakan diri untuk berolahraga. Ada baiknya anda melakukan olahraga apabila ada memiliki waktu luang yang perlu diisi.

Nah, itu dia 5 tips untuk meningkatkan kualitas tidur yang menjadi permasalahan bagi banyak orang. Dimana 5 tips itu juga merupakan anjuran yang bermanfaat dari para tenaga medis.

Oleh karena itu, lakukanlah kelima poin diatas secara perlahan dan teratur agar anda dapat memperoleh manfaatnya secara langsung. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang telah membacanya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak