facebook

Perhatikan! 4 Hal Penting saat Melamar Kerja untuk Para Fresh Graduate

diemaya dewi
Perhatikan! 4 Hal Penting saat Melamar Kerja untuk Para Fresh Graduate
Ilustrasi mencari kerja (Unsplash.com/anyaberkut)

Mencari pekerjaan memang sulit. Untuk kamu yang baru lulus dari perguruan tinggi harap bersiap. Kehidupan nyata mencari uang tak seindah serial drama, kamu akan bertemu dengan kehidupan kerja dan tanggung jawab yang lebih besar.

Melamar pekerjaan pasti jadi proses selanjutnya yang harus kamu lalui. Pada fase ini kamu akan menghadapi kemungkinan peluang ditolak atau diterima di perusahaan yang kamu lamar.

Meski sudah lulus dan dibekali ilmu pendidikan, nyatanya hal itu tak cukup buat menarik perusahaan di luar sana untuk merekrut kamu. Menurut Teddy Diego sebagai Career Coach para Jobseekers, ada beberapa hal penting yang harus kamu siapkan ketika ingin melamar kerja. Apa aja ya? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

1. Siapkan CV dan Portofolio yang Menarik

Anak-anak fresh graduate harus berjiwa kreatif, CV yang menarik adalah yang informatif, jelas dan yang penting teraktual. Buat dengan desain yang menarik agar banyak perusahaan yang tertarik.

Jangan lupa juga siapkan portofolio terbaik kamu yang memuat karya yang pernah kamu buat, baik itu karya tulis, desain, atau fotografi. Tambahkan media sosial seperti Instagram, YouTube atau Twitter bisa jadi sarana menyajikan portofolio untuk memperkenalkan diri kamu ke perusahaan.

2. Mengembangkan Personal Branding

Para fresh graduate harus bisa membuat personal branding yang kuat. Di era serba canggih sekarang ini, HRD perusahaan bisa melihat apakah jejak digital kamu sesuai dengan keinginan perusahaan dan akan membantu kamu memperoleh kredibilitas, relasi dan kesempatan karier yang menjanjikan.

3. Harus Percaya Diri

Kendala yang muncul pada diri fresh graduate adalah kurangnya percaya diri dan minder karena merasa belum punya pengalaman di dunia kerja. Untuk kamu yang sedang mengalami hal ini, cobalah untuk dekat dengan orang yang profesional di bidang yang kamu inginkan, ajak diskusi sehingga menimbulkan rasa percaya diri dalam dirimu.

4. Ikut serta pelatihan dan sertifikasi

Sebelum melamar pekerjaan, pelajari perusahaan yang ingin kamu lamar. Kamu juga perlu untuk mempersiapkan keahlian dalam dirimu dengan mengikuti berbagai pelatihan sesuai bidang yang kamu tuju.

Dengan ikut pelatihan dan sertifikasi kamu bisa menambah kompetensi kamu sebelum terjun ke dunia kerja, punya bukti sertifikasi dan pelatihan itu menambah nilai jual dalam proses rekrutmen kamu karena memiliki pengalaman. Dengan demikian, besar kemungkinan kamu akan diterima

Itulah keempat hal penting yang harus dipersiapkan para fresh graduate. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak