facebook

Merasa Jadi Korban Bullying? Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghentikannya!

Desyta Rina Marta Guritno
Merasa Jadi Korban Bullying? Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghentikannya!
Ilustrasi korban bullying (Pixabay.com/Anemone123)

Hingga saat ini, kita masih sering menemukan kasus bullying yang terjadi di berbagai tempat. Sekolah, kampus, kantor, lingkungan masyarakat, bahkan di keluarga.

Meskipun terkadang tujuan bullying itu untuk bahan bercanda, tapi al yang perlu kita sadari adalah tidak semua orang bisa menerima tindakan tersebut, sehingga wajar saja apabila ada orang yang malu, sedih, atau marah, saat dirinya di-bully.

Lantas bagaimana cara menghentikan bullying saat kita sendiri yang menjadi korbannya atau saat melihat ada kasus bullying di sekitar kita? Berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan.

1. Berani Speak Up

Berani speak up adalah salah satu kunci utama untuk menghentikan bullying, entah ini terjadi padamu atau orang di sekitarmu. Cobalah untuk melapor ke orang yang berwenang di lingkunganmu untuk mengatasi masalah bullying ini agar tidak terus berlanjut.

2. Lebih Tegas

Jadikan dirimu sebagai pribadi yang lebih tegas, misalnya ada seseorang yang melakukan bullying kepadamu, cobalah untuk menegurnya dengan kata-kata yang baik. Dengan ketegasan tersebut akan membuat orang yang melakukan bullying merasa malu, karena kamu lebih berani dari yang dia kira.

3. Tidak Merasa Rendah Diri atau Takut

Jangan sesekali merasa rendah diri atau takut dihadapan orang yang melakukan bullying, jika dia tau apa yang kamu rasakan, maka dia akan semakin semena-mena. Rasa rendah diri dan ketakutanmu adalah makanan bagi mereka, jadi jangan biarkan mereka menikmatinya.

4. Cari Lingkungan yang Baik

Carilah lingkungan yang baik, misalnya dalam memilih teman di sekolah, tempat kerja, teman kuliah, dan lain-lain. Kamu boleh berteman dengan siapa saja, asal dia tidak menjadi beban bagimu. Teman yang baik tidak akan melakukan bullying dan akan mengerti perasaan temannya.

5. Abaikan Setiap Perkataan Buruk

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengabaikan setiap perkataan buruk. Mungkin ini terdengar agak sulit, tapi kenyataannya kalau kamu terus memasukkan hati apa yang pembully katakan, yang ada kamu akan terus merasa tersakiti. Jadi, anggap saja omongan mereka hanyalah angin lalu.

Itulah 5 cara menghentikan bullying yang terjadi pada diri sendiri atau orang disekitar kita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak