facebook

4 Tips agar Masa Mudamu Tak Sia-sia, Manfaatkan untuk Pengembangan Diri!

Latifah ..
4 Tips agar Masa Mudamu Tak Sia-sia, Manfaatkan untuk Pengembangan Diri!
Ilustrasi mahasiswi (Pexels.com/Anastasiya Gepp)

Salah satu hal yang sering jadi penyesalan di usia tua, adalah tidak menggunakan usia muda dengan bijaksana. Masa muda yang penuh dengan potensi disia-siakan begitu saja.

Supaya masa tuamu terhindar dari penyesalan, berikut akan diulas beberapa tips agar masa mudamu dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan tidak sia-sia. Ingin tahu kelanjutannya? Mari disimak!

1. Berani mencoba berbagai pengalaman baru

Di antara penghalang potensi manusia adalah rasa takut berlebihan. Rasa takut ini bisa membuatmu terus-menerus berada di zona nyaman tanpa ada keinginan untuk mengeksplorasi lebih jauh. Akibatnya, hidup jadi gak ada peningkatan.

Mumpung masih muda, beranilah mencoba berbagai pengalaman baru. Misalnya, kalau kamu masih jadi pelajar atau mahasiswa, coba-coba untuk mendaftar program pertukaran pelajar. Semakin banyak pengalaman hidup yang kamu peroleh, maka hidup jadi semakin berwarna. Semua itu akan menjadi memori indah ketika menua.

2. Mengembangkan skill

Masih banyak orang yang menganggap kalau belajar itu sudah cukup di bangku sekolah atau kuliah saja. Nyatanya, supaya pribadi terus berkembang dibutuhkan upaya belajar tak kenal henti.

Agar potensimu benar-benar maksimal, cobalah gunakan waktu mudamu mengembangkan skill. Gak hanya skill yang barguna di dunia kerja, tapi kemampuan lain yang dapat membuatmu jadi pribadi lebih baik.

3. Membangun kebiasaan baik

Tips selanjutnya supaya masa mudamu gak sia-sia, yaitu gunakan untuk membangun kebiasaan baik. Ingat, lho, apa yang kamu tabur itulah yang kamu tuai nanti.

Sebagai contoh, saat masih muda dan kondisi tubuh sangat prima bukannya benar-benar dijaga dengan membangun kebiasaan pola hidup sehat, malah memilih gaya hidup sembarangan. Saat ini mungkin belum terasa, baru terasa dampaknya nanti ketika usia sudah tak lagi muda.

Oleh sebab itu, yuk, dari sekarang latih diri untuk membangun kebiasaan baik agar apa yang kamu tuai nanti pun baik.

4. Menyiapkan pensiun dini

Banyak yang salah kaprah untuk pensiun nanti saja disiapkan. Justru jika disiapkan sedini mungkin bisa membantumu lebih cepat meraih kebebasan finansial, lho. Gak hanya masa tuamu bisa independen secara finansial, tapi juga dapat memiliki gaya hidup dengan kelimpahan.

Oleh sebab itu, selagi muda rajin-rajinlah menabung dan investasi. Ciptakan berbagai sumber penghasilan sehingga di masa tua nanti kamu gak bergantung pada anak cucu.

Itu dia beberapa tips menggunakan masa muda dengan bijak agar tak sia-sia. Siap mencoba?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak