facebook

4 Kerugian yang Bisa Terjadi Padamu Kalau Memelihara Sifat Iri, Hilangkan!

Susanti ..
4 Kerugian yang Bisa Terjadi Padamu Kalau Memelihara Sifat Iri, Hilangkan!
Ilustrasi iri hati (pexels.com/Philip Justin Mamelic)

Salah satu sifat buruk yang kerap membawa masalah dalam hidup, adalah iri hati. Banyak penyebab seseorang iri hati. Bisa disebabkan kekayaan, prestasi yang diraih orang lain, hingga karier yang lebih bagus dibanding dirinya sendiri. Jika kamu kerap menyimpan sifat iri hati, sebaiknya hilangkan, deh! Berikut empat kerugian yang bisa terjadi padamu kalau memelihara sifat iri. 

1. Hidup jadi mengikuti orang lain

Setiap orang punya jalan hidup masing-masing. Sayangnya, akibat rasa iri dan tak mau kalah, kamu jadi selalu mengikuti apa yang dilakukan orang lain yang kamu anggap saingan.

Justru yang rugi dirimu sendiri. Hidup jadi selalu mengekor orang lain dan gak punya tujuan sendiri. Apa gak lelah, hidup seperti itu?

2. Rentan depresi

Sering membanding-bandingkan kehidupan diri sendiri dengan orang lain, sampai-sampai timbul iru hati hanya bikin kamu jadi terus-terusan stres. Terbayang terus dengan kehidupan orang lain yang tampak sempurna. Akibatnya, kamu jadi gak pernah bersyukur dengan apa yang sudah dipunya.

Hati-hati, lho, stres yang terjadi terus-menerus atau istilahnya stres kronis gak bisa dianggap enteng. Selain menyebabkan kamu jadi rentan depresi, kesehatan fisikmu pun jadi terganggu.

3. Dikucilkan dari pergaulan

Sepandai-pandainya kamu menyimpan perasaan iri hati, lama-lama pasti terlihat juga. Orang yang iri biasanya diikuti dengan sifat dengki, yaitu senang melihat orang lain susah, dan merasa menderita ketika melihat orang lain bahagia.

Sifatmu tersebut akan tercermin dalam tindakan. Misalnya, ketika melihat temanmu berprestasi, bukannya turut senang dan memberi selamat malah berkomentar yang gak mengenakkan. Orang pun akan paham kalau kamu iri, dan bakal menjauh darimu.

Iri terhadap teman sendiri bisa dibilang sama saja dengan musuh dalam selimut. Orang bakal takut dekat-dekat denganmu.

4. Selalu gelisah

Hal merugikan selanjutnya yang bisa kamu alami akibat memelihara sifat iri, adalah terus-terusan gelisah. Kamu gak tenang melihat orang lain bahagia.

Prinsipmu, kalau kamu gak bahagia, maka orang lain gak boleh bahagia. Justru hal itu bikin hidupmu selalu terasa menyesakkan dan gak ada indah-indahnya, lho.

Itulah empat kerugian yang bisa terjadi padamu kalau memelihara sifat iri. Saat orang lain sukses bukan berarti mereka mengambil jatah kesuksesanmu, lho. Jadi, sebenarnya gak perlu sampai iri hati segala. Setiap orang berhak dan pasti bisa meraih kebahagiaannya masing-masing.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak