facebook

Waspada! 4 Tanda Ini Tunjukkan Pacarmu Seorang Pengontrol yang Andal

Keza Felice
Waspada! 4 Tanda Ini Tunjukkan Pacarmu Seorang Pengontrol yang Andal
Ilustrasi pasangan (Pexels.com/MART PRODUCTION)

Tak dapat dimungkiri bahwa membedakan antara cinta sejati dengan perilaku mengendalikan memang terasa sangat rumit. Tidak jarang mereka hanya menunjukkan tanda-tanda halus hingga akhirnya kamu tak menyadarinya.

Alhasil, semakin lama dijalani kamu justru terjebak dalam toxic relationship. Bertahan dalam hubungan seperti ini dapat merusak. Karenanya kamu perlu memahami beberapa tanda berikut ini yang menunjukkan bahwa dia sedang mengontrol kehidupanmu.

1. Hidupmu Berputar di Sekitarnya

Ini adalah salah satu tanda bahwa kekasihmu merupakan seseorang yang suka mengontrol. Di mana dia ingin agar hidupmu condong di sekitarnya. Apabila kamu melakukan sesuatu tanpa diriya, dia pasti akan marah dan membuatmu merasa sangat bersalah.

Bahkan, dia tak segan untuk merusak pencapaianmu dan meremehkan upaya yang kamu lakukan. Semua itu dia lakukan agar kamu merasa lemah dan pada akhirnya bergantung padanya. Dengan demikian, dia akan selalu benar dan paling berjasa dalam hidupmu.

2. Mengisolasi Kamu dari Orang Lain

Mungkin dia memang senang menghabiskan waktu bersama kamu. Akan tetapi, dia bisa memanipulasimu dengan memutuskan hubungan kamu dari keluarga maupun teman-teman dengan alasan yang tidak jelas. Dia akan mengomel bila kamu bertemu dengan mereka tanpa kehadirannya.

Bahkan, dia juga bisa membatalkan rencana pertemuanmu dengan orang lain dengan banyak alasan yang bahkan terdengar mengkhawatirkan kamu.

Alhasil, kamu pun menuruti keinginannya karena merasa dia sangat perhatian. Padahal, ini merupakan cara halus yang dia lakukan dalam mengontrol ataupun mengendalikan kamu.

3. Kamu Tidak Punya Privasi Lagi

Mempunyai ruang pribadi adalah hal yang sangat penting di dalam hubungan untuk menjaga kesehatan emosional dan mental kamu.

Apabila kekasihmu meminta agar kamu mengizinkan dia untuk membaca seluruh chat, menilik galeri ponsel dengan memaksa, detail tabungan, ataupun informasi pribadi lainnya, ini adalah tanda bahaya yang tak bisa disepelekan.

Kamu harus sadar bahwa dia sedang memasuki hidupmu hanya untuk mengendalikan. Kamu akan rugi bila dia terus-menerus melakukan hal semacam ini.

Jika kamu memang ingin berbagi segalanya, tetapi harusnya semua itu tidak berdasarkan sebuah paksaan seperti yang dia lakukan.

4. Terlalu Protektif

Dia selalu saja ingin tahu keberadaanmu dan apa yang sedang kamu lakukan. Bahkan, dia akan meminta detail lainnya seperti dengan siapa kamu pergi, apa yang kalian bicarakan, dan kapan kamu akan pulang. Yang terparah adalah ketika dia sampai memaksamu untuk mengirimkan foto kebersamaan kalian.

Awalnya kamu mungkin berpikir bahwa dia melakukan semua itu karena khawatir akan keselamatanmu, tetapi lambat laun kamu baru akan menyadari bahwa dia terlalu protektif.

Apabila kamu mengabaikan pertanyaan dan keingintahuannya, secara otomatis dia akan marah dan menuduh bahwa kamu telah berbuat serong di belakangnya.

Mulai sekarang kamu harus peduli pada hubungan asmara yang dijalani. Apabila kamu merasa dia melakukan beberapa tanda ini, segera bicarakan dan lakukan evaluasi untuk menemukan titik terang. Jangan sampai kamu yang rugi dengan hubungan semacam ini!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak