facebook

4 Cara Menghadapi Pacar yang Suka Mengontrol, Jangan Hanya Diam!

Keza Felice
4 Cara Menghadapi Pacar yang Suka Mengontrol, Jangan Hanya Diam!
Ilustrasi pasangan (Unsplash.com)

Saat menjalin hubungan pastinya kamu mencintai dan ingin memberikan dia kebahagiaan serta kesempatan kedua setelah melakukan kesalahan. Akan tetapi terkadang kekasihmu justru tidak berubah sebagaimana yang kamu harapkan.

Dia masih saja suka mengontrol dan mengendalikan kamu. Tentu saja hal tersebut bukanlah perkara yang dapat diabaikan begitu saja. Kamu tidak bisa tinggal diam dan menuruti setiap keinginannya. Oleh karenanya cobalah untuk menghadapinya dengan beberapa cara berikut ini.

1. Memahami Kepribadiannya

Sebelum kamu kembali berurusan dengan pasangan yang suka mengontrol, sebaiknya pahamilah apa yang mereka lakukan dan mengapa hal tersebut dilakukan olehnya.

Sering kali seseorang mengembangkan perilaku tersebut karena dia merasa kurang percaya padamu maupun hubungan yang kalian jalani.

Ada kalanya dia bersikap sedemikian rupa karena takut ditinggalkan, pengalaman hidup yang traumatis atau jusyri dia memang memiliki gangguan kepribadian.

Oleh karenanya saat sudah siap menjalin hubungan dengannya, maka kamu perlu membantu dia untuk mengatasi permasalahannya dan membantu memperbaiki perilakunya.

2. Berbicara dengan Jujur

Sering kali orang tidak sadar terhadap perilaku yang dilakukan selama ini. Oleh  karenanya kamu perlu mengajaknya berbicara dengan jujur dari  hati ke hati.

Ungkapkan dengan kalimat yang halus dan tetap sopan mengenai sikapnya yang mengontrolmu. Mungkin awalnya dia bersikap defensif, tetapi saat kamu terus mengajaknya  berunding, ini bisa menjadi jalan baru untuknya.

Kamu harus bertekad untuk membuat dia menyadari kekurangannya tanpa bersikap ataupun berkata dengan kasar. Karena biasanya orang pengontrol akan cepat marah, sehingga kamu harus lebih berhati-hati dalam berbicara.

3. Ambil Kembali Kendali Atas Kehidupanmu

Terkadang kamu membiarkan pasanganmu membuat keputusan untuk kamu. Ini dilakukan karena kamu terlalu mempercayainya dan kamu yakin dia akan memberikan yang terbaik kepadamu.

Akan tetapi, bila dia mengambil setiap keputusan hidupmu tanpa adanya pertimbangan dan pendapat darimu, ini sudah waktunya kamu mengambil kembali kendali itu. Kamu boleh meminta pendapatnya, tetapi tidak untuk mengatur semua kehidupanmu. 

4. Jangan Bergantung Padanya

Apabila kamu ingin mengakhiri perilaku mengontrolnya, sebaiknya berhentlah mencari persetujuan dan juga valiasi darinya. Kamu harus mendapatkan kebebasan yang  menjadi hak kamu.

Lakukan apa yang kamu rasa benar dan jalani kehidupanmu sebagaimana yang  kamu inginkan. Kamu bisa meminta pendapatnya dan melibatkan dia dalam rencanamu, tetapi jangan sampai bergantung kepadanya sehingga dia bisa mengendalikan setiap tindakanmu.

Nah, itulah sederet cara menghadapi pacar yang suka mengontrol. Apakah kamu sudah siap melakukan beberapa hal ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak