facebook

4 Dampak Buruk yang Kamu Rasakan Ketika Menanggapi Pujian Secara Berlebihan

Dhelvin Agung
4 Dampak Buruk yang Kamu Rasakan Ketika Menanggapi Pujian Secara Berlebihan
Ilustrasi pria. (pexels/ Armin Rimoldi)

Ketika kamu mendapatkan pujian dari orang lain, pasti banyak sekali yang kamu rasakan. Mulai dari rasa senang hingga bangga. Akan tetapi, ketika kamu menanggapi pujian secara berlebihan, dampak buruk yang akan kamu rasakan. Sebab, hal tersebut akan membuat kamu merasa paling benar dengan apa yang kamu lakukan. Berikut empat dampak buruk yang kamu rasakan ketika menanggapi pujian secara berlebihan.

1. Senang Cari Perhatian

Dampak buruk yang pertama adalah kamu senang cari perhatian. Sebab, kamu merasa bahwa diri kamu selalu terlihat baik di hadapan orang lain, sehingga membuat kamu ingin selalu melakukan hal yang bisa menarik perhatian. Bukan hanya itu, dengan kamu senang cari perhatian akan membuat kamu dianggap narsis oleh orang lain. Maka dari itu, berhentilah senang cari perhatian.

2. Malas Meningkatkan Kualitas Diri

Ketika orang lain sedang memuji kamu, tentu saja kamu akan merasa senang dan bangga. Sehingga, membuat kamu malas untuk meningkatkan kualitas diri. Hal ini adalah dampak buruk yang kamu rasakan. Maka dari itu, walaupun orang lain banyak yang memuji kamu. Namun, kamu harus tetap terus meningkatkan kualitas diri, agar diri kamu semakin berkembang.

3. Merasa Tidak Memiliki Kekurangan

Kamu akan merasa tidak memiliki kekurangan dalam diri kamu. Sebab, orang lain selalu memuji kamu, sehingga membuat kamu merasa hanya memiliki kelebihan saja. Hal ini tentu saja tidak baik bagi dirimu sendiri, sebab kamu merasa bahwa diri kamu paling sempurna.

4. Berpotensi Jadi Sombong

Dengan orang lain selalu memuji kamu, akhirnya kamu merasa paling hebat, sehingga membuat kamu dengan mudah merendahkan dan menyepelekan orang lain. Sikap yang kamu tunjukkan ini merupakan sikap sombong. Sebab, kamu terlalu membanggakan diri dengan cara meremehkan orang lain. Hal ini tentu saja akan membuat kamu dijauhi oleh orang lain, sebab orang lain merasa tidak nyaman saat berada di dekatmu.

Itulah empat dampak buruk yang kamu rasakan ketika menanggapi pujian secara berlebihan. Maka dari itu, agar terhindar dari dampak buruk. Kamu harus bisa bersikap sewajarnya saja dan tetap rendah hati.   

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak