facebook

3 Cara Mengetahui jika Kamu Memiliki Saudara Ipar yang Toxic

Hellen Nurdiana
3 Cara Mengetahui jika Kamu Memiliki Saudara Ipar yang Toxic
Ilustrasi dua orang wanita.(Pexels/Liza Summer)

Hidup dalam sebuah keluarga besar bisa menjadi perjalanan yang menyenangkan, tetapi berada dalam keluarga besar juga bisa memiliki beberapa momen yang dramatis. Beberapa hal menjadi sangat rumit jika kamu kebetulan telah menikah dengan pasanganmu yang memiliki keluarga besar dengan bermacam drama keluarga yang terjadi di dalamnya.

Apalagi jika di dalam keluarga besar tersebut ada saudara ipar yang harus kamu hadapi. Mungkin saat kamu dan pasanganmu masih dalam tahap pacaran, kehidupan percintaanmu masih aman dan tidak terlalu dilihat oleh keluarga pasanganmu, namun berbeda jika kamu sudah menikah.

Saudara ipar bisa sangat membantumu dan akan menganggapmu saudaranya juga, tetapi saudara ipar juga bisa membuatmu menghadapi banyak masalah rumit dalam kehidupan rumah tanggamu karena perilakunya yang toxic.

Jika kamu bertanya-tanya apakah dia toxic untuk kehidupan rumah tanggamu, berikut ini beberapa ciri-ciri yang telah dirangkum dari laman pinkvilla untuk dapat mengkonfirmasi kecurigaanmu terhadap saudara iparmu atau bahkan menyangkalnya

1. Dia sering menyebarkan gosip pedas tentangmu

Ilustrasi wanita bergosip (Foto: Pexels/Cottonbro)
Ilustrasi wanita bergosip (Foto: Pexels/Cottonbro)

Tidak ada orang yang suka mengadu, namun jika kamu melihat dia menggunakan semua informasi yang dia kumpulkan tentangmu untuk mempermalukanmu di depan mertuamu bahkan di depan orang lain, seperti percakapan teleponmu yang dia dengar, dia stalking sosial mediamu dan menemukan beberapa foto "liar" dari masa lalu atau bahkan hal-hal yang kamu ceritakan padanya. Kamu harus berhati-hati dengannya, karena itu akan membuat kehidupan rumah tanggamu menjadi rumit.

Dan apabila setelah kamu menikah dengan pasanganmu dan kemudian setiap hari kamu dibanjiri keluhan yang dia buat tentangmu baik saat berdua denganmu atau secara terang-terangan di depan banyak orang, maka sebaiknya kamu harus segera menghindarinya di acara pertemuan keluarga yang akan datang!

2. Dia berusaha mengendalikanmu dan melatihmu

Ilustrasi Diajari Memasak (Foto: Pexels/Katerina Holmes)
Ilustrasi Diajari Memasak (Foto: Pexels/Katerina Holmes)

Tidak ada orang yang suka diberi tahu bahwa mereka melakukan hal-hal yang 'salah' sepanjang waktu. Mulai dari melipat pakaian atau bahkan memasak hidangan favorit untuk pasanganmu dengan cara tertentu, jika saudara iparmu mengkritik caramu melakukan sesuatu, maka itu bisa menjadi sebuah masalah. Dia mungkin tahu lebih banyak tentang kesukaan dan ketidaksukaan mertuamu, tetapi itu bukan alasan baginya untuk selalu mengendalikan dan mengajarimu sesuatu hal apalagi sampai merendahkanmu.

3. Dia Selalu Muncul Tanpa Pemberitahuan

Ilustrasi Orang Bertamu (Foto: Pexels/RODNAE Productions)
Ilustrasi Orang Bertamu (Foto: Pexels/RODNAE Productions)

Tidak ada yang mengharapkan tamu tak diundang yang datang ke rumahmu sepanjang waktu. Kamu mungkin akan selalu menghargai keluarga yang tetap dekat dengan kunjungan yang sering, tetapi jika saudara iparmu selalu mengunjungimu secara tiba-tiba, tanpa pemberitahuan sebelumnya, maka hal itu dapat mengganggu rencanamu sendiri. Beberapa saudara ipar bahkan memiliki kecenderungan untuk menggagalkan kencan bersama pasanganmu dengan alasan dia tidak perlu undangan untuk ikut bergabung dan 'nongkrong' dengan saudara laki-lakinya.

Jika kamu melihat saudara iparmu menunjukkan banyak sifat yang disebutkan di atas, maka mungkin anda harus segera mendiskusikan hal tersebut dengan pasangan dan keluarga besarmu. Kamu juga mungkin harus mengatasi perilaku buruk tersebut dengan tidak membalas semua perlakuan saudara iparmu dan menjadi dirimu dengan versi terbaikmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak