facebook

Mager Keluar? Coba 5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah Ini

Rania Erin Oktiara
Mager Keluar? Coba 5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah Ini
Ilustrasi orang sedang olahraga di rumah (Pixabay.com/5132824)

Olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Tubuh akan lebih menjadi bugar dan segar setelah berolahraga.

Olahraga bisa dilakukan di mana saja, salah satunya di rumah. Olahraga di rumah sangat cocok untuk kamu yang malas olahraga di luar rumah. Selain simpel, olahraga di rumah bisa dilakukan kapan saja kita mau tanpa ada yang merusak konsentrasi.

Olahraga ini bisa dilakukan oleh pria dan wanita. Meskipun hanya dilakukan di rumah, namun rupanya olahraga ini juga bisa bikin keringat bercucuran, loh!

Simak 5 olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah!

1. Yoga

Olahraga ringan yang umumnya dilakukan ialah yoga. Gerakan yoga ini lebih menunjukkan keseimbangan, fleksibilitas tubuh, dan relaksasi. Oleh karena itu, gerakan yoga bisa menenangkan pikiran dan menenangkan otot di tubuh.

2. Plank

Posisi tubuh pada gerakan ini sama seperti push up. Badan tengkurap, kaki lurus ke belakang, dan kedua tangan ditekuk, lengan siku menyentuh lantai untuk menopang tubuh.

Usahakan untuk menahan berat tubuhmu selama 30 detik hingga satu menit tanpa gerak. Kamu bisa mengambil napas setelahnya selama beberapa detik, dan mengulangi gerakan tersebut.

Gerakan ini selain bisa mengencangkan otot lengan, ia juga bisa mengencangkan otot perut. Sehingga olahraga ini cocok untuk kamu yang ingin mengecilkan perut buncit.

3. Side plank

Sama seperti plank, side plank sama halnya olahraga ringan yang menopang tubuh. Perbedaannya, side plank dilakukan dengan posisi badan miring menghadap samping dan badan hanya di topang oleh satu tangan yang ditekuk. 

Gerakan side plank bisa dikolaborasikan dengan menggerakan salah satu kaki ke atas lalu dilakukan secara bergantian antara bagian tubuh kanan dan kiri. Gerakan ini bisa dilakukan selama 30 detik hingga 1 menit.

4. Senam aerobik

Senam biasanya dilakukan secara ramai di lapangan atau tempat tertentu. Namun kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, loh! Kamu bisa mengakses video senam aerobik di YouTube atau aplikasi lainnya untuk memandu gerakanmu.

5. Push Up dan Sit Up

Kedua gerakan ini tidak asing lagi lantaran setiap orang tentu pernah melakukannya. Sit up dilakukan dengan posisi terlentang dengan kaki ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai. Gerakan ini dilakukan dengan mengangkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut atau sudut 90 derajat.

Sedangkan gerakan push up dilakukan dengan tengkurap dan kedua tangan menyentuh lantai untuk menopang tubuh. Kaki posisi lurus dan perlahan angkat badan ke atas lalu turunkan ke posisi semula. Ulangi kedua gerakan tersebut sebanyak 20 kali atau sebanyak yang kamu inginkan.

Itu dia 5 olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah agar tubuh tetap sehat dan anti mager gerak. Tak perlu jauh ke lapangan, hanya cukup di rumah saja.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak