facebook

4 Tips Memilih Jaket, Jangan Asal Tebal

Dream Praire
4 Tips Memilih Jaket, Jangan Asal Tebal
ilustrasi orang memakai jaket (Pexels.com/Alexey Demidov)

style="text-align: justify;">Jaket adalah salah satu item dalam dunia fashion yang cukup penting. Jaket diperlukan bukan hanya untuk melengkapi gaya pakaian, tetapi untuk melindungi tubuh dari udara dingin. Jaket juga cenderung akan sering dipakai, karena itu kamu sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli jaket.

Ada 4 hal yang perlu kamu cermati sebelum memutuskan untuk memilih jaket sebagai bagian dari outfit kamu.

1. Tentukan anggaran

ilustrasi membuat anggaran (Pexels.com/ Karolina Grabowska)
ilustrasi membuat anggaran (Pexels.com/ Karolina Grabowska)

Ini yang pertama harus kamu lakukan. Tentukan dulu batas harga yang ada dalam jangkauan anggaranmu. Ini akan memperkecil pilihan kamu dan menghindari membuang waktu sia-sia karena  terlalu banyak memilih lalu pada akhirnya tak akan  kamu beli karena harganya terlalu mahal di atas anggaran  keuangan kamu.

2. Perhatikan bahan

ilustrasi orang memakai jaket (Pexels.com)/ Tamar Willough.
ilustrasi orang memakai jaket (Pexels.com)/ Tamar Willough.

Kamu perlu memastikan untuk keperluan apa jaket yang akan kamu beli. Di pasaran, terdapat banyak sekali  macam bahan jaket. Hal itu dibuat berbeda-beda sesuai dengan tujuan pemakaian.

Jika kamu ingin memakai jaket untuk perlindungan terhadap cuaca yang sangat dingin, tentu kamu harus memilih jaket dengan bahan yang tebal. Sebaliknya jika kamu hanya akan menggunakanya untuk acara santai, tentu lebih cocok dengan bahan yang tidak terlalu tebal.

3. Cermati ukuran

ilustrasi orang memakai  jaket hitam (Pexels.com)/ Caio Augusto.
ilustrasi orang memakai jaket hitam (Pexels.com)/ Caio Augusto.

Dalam membeli jaket, pastikan ukuran  jaket sesuai dan nyaman ketika kamu pakai. Sedapat mungkin kamu mencobanya dahulu sebelum membelinya.

Namun jika tak mungkin mencobanya karena kamu membeli secara online, cermati detail ukuran yang tertera pada deskripsi.  Sebaiknya jangan mengandalkan kode size saja, karena bisa saja beda merek berbeda juga ukuran standarnya.

4. Model dan warna

ilustrasi jaket (Pexels.com)/ Roman Pohorecki.
ilustrasi jaket (Pexels.com)/ Roman Pohorecki.

Model dan warna jaket akan memengaruhi penampilan kamu secara keseluruhan. Karena itu pilihlah yang paling sesuai dengan karakter kamu. Jangan memaksakan diri memilih model jaket hanya karena sedang tren. Sebab jika kamu tak nyaman memakainya , jaket kamu akan berakhir di lemari tanpa pernah kamu kenakan.

Demikian juga dengan warna. Bagi yang memliki aggaran berlebih, mungkin merasa perlu memiliki aneka warna jaket agar dapat disesuaikan dengan oufit yang lain. Tetapi bagi kamu yang tak ingin terlalu banyak mengoleksi jaket, kamu bisa memilih warna-warna netral yang mudah dipadupadankan dengan outfit yang lain.

Itulah 4 tips yang dapat kamu coba agar kamu tak salah dalam memilih jaket. Tetaplah ingat untuk bijak dalam membeli outfit apapun. Pastikan kamu membeli karena alasan kebutuhan dan untuk kenyamanan diri kamu serta  bukan  hanya untuk membuat orang lain terkesan saja

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak