facebook

4 Tips Konsisten Menabung untuk Pemula

oce blue
4 Tips Konsisten Menabung untuk Pemula
Ilistrasi menabung. (Pixabay)

Menabung uang bisa membuat kita terhindar dari sikap boros dan menghambur-hamburkan uang. Banyak hal baik yang kita terima jika kita bisa menabung dengan konsisten.  Uang yang kita tabung meski sedikit demi sedikit, lama kelamaan pasti akan terkumpul banyak.

Ada 4 tips konsisten menabung untuk pemula:

1. Tentukan target tiap bulannya

Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuat target setiap bulannya. Berapa uang yang harus terkumpul tiap bulannya. Jika kita sudah memiliki target, tentunya kita akan lebih rajin untuk menabung dan bersedia menyisihkan uang untuk ditabung.

Jika masih terasa sulit, coba untuk meminimalkan target yang kamu tuju. Selanjutnya, jika kamu sudah terbiasa baru ditambah target nominalnya. 

2. Membuat tujuan

Tidak tahu tujuan mengapa kita menabung akan membuat semangat kita turun untuk berusaha hemat. Buatlah tujuan terlebih dahulu apa yang akan kamu lakukan dari uang yang kamu tabung.

Tekadkan tujuanmu dan pastinya kamu akan bersemangat untuk menabung. Berusaha mengumpulkannya sampai tujuanmu bisa dibeli dari uang yang kamu tabung. 

3. Jangan menunggu sisa, tapi sisihkan

Jika kita menunggu sampai menunggu sisa dari uang kita, itu bisa membuat kebiasaan menabung kita kurang lancar. Berusahalah untuk menyisihkan uangmu untuk ditabung.

Jika kita berusaha menyisihkan nya, tentunya usaha menabung kita akan berjalan dengan baik. Usahakan setiap harinya atau minggunya menyisihkan uangmu untuk ditabung. 

4. Kurangi gaya hidup konsumtif

Gaya hidup konsumtif membuat uang kita akan cepat habis untuk hal-hal yang tidak sepenuhnya penting. Hidup boros atau konsumtif juga membuat kita selalu menuntut gaya hidup yang mewah dan hampir sempurna. Biasakan dirimu untuk hidup dengan sederhana dan cukup.

Tidak semuanya harus serba mewah dan harus dibeli saat ini juga. Jika kamu berkeinginan membeli sesuatu, tunggu uangmu cukup untuk membelinya. Jangan biasakan dirimu selalu dimanjakan dan gaya hidup boros. 

Kebiasaan menabung tidak semua orang bisa melakukannya. Pada awalnya, hal ini memang sulit untuk menjadi kebiasaan. Tapi, perlu kamu ketahui bahwa menabung itu sangat banyak hal baik yang kita peroleh. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak