facebook

Resolusi Tahun Baru Sering Gagal? Perhatikan 4 Penyebabnya!

Susanti ..
Resolusi Tahun Baru Sering Gagal? Perhatikan 4 Penyebabnya!
Ilustrasi resolusi tahun 2022 (Pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Salah satu rutinitas yang sering dilakukan banyak orang ketika tahun baru adalah membuat target atau resolusi. Isinya mengenai hal-hal apa saja yang ingin dicapai di tahun ini. Ada target yang berbeda dari tahun sebelumnya, ada pula target lama yang belum juga terlaksana.

Sering kali resolusi tersebut hanya tinggal resolusi tapi belum juga terealisasi. Berikut alasan kenapa resolusi tahun baru sering gagal. Yuk, kenali penyebabnya agar kamu tak lagi mengulanginya!

1. Target kurang spesifik

Hal pertama yang bisa jadi penyebab kenapa resolusi yang dibuat di tahun baru belum berhasil, adalah target yang kamu buat kurang spesifik. Misalnya, kamu punya target untuk menurunkan berat badan. Tapi, berapa jumlah yang akan kamu hilangkan?

Tujuan yang gak dibuat spesifik nantinya kurang direncanakan dengan matang yang kemudian risiko gagalnya pun jadi besar. Kalau spesifik, misalnya ingin menurunkan berat badan sebesar 12 kilogram di tahun ini, maka kamu pun bisa menyusun langkah untuk mengurangi 1 kilogram tiap bulannya.

2. Kurang sabar

Penyebab selanjutnya kenapa resolusimu belum juga terlaksana, yaitu kurang sabar. Ingin semua terjadi secara cepat dan mudah, nyatanya hal itu gak mungkin. Semua hal perlu usaha dan waktu.

Sifat kurang sabar ini yang bikin kamu gampang sekali menyerah ketika hendak mencapai sesuatu. Beberapa kali gagal sudah menghakimi diri kalau targetmu gak bakal tercapai. Akhirnya, membuat target baru. Ketemu rintangan lagi, berhenti. Setelah itu buat lagi target berbeda. Begitu aja terus gak kelar-kelar. Akhirnya, gak ada yang terwujud.

3. Ikut-ikutan orang lain

Resolusi yang dibuat dengan kesadaran diri sendiri aja biasanya sulit diraih. Apalagi yang hanya sekadar ikut-ikutan. Kamu gak punya alasan yang cukup kuat supaya bisa tetap berkomitmen terhadap resolusi tersebut kalau dasarnya cuma ikut-ikutan.

4. Menunda-nunda

Hal ini juga sering jadi alasan kenapa target tahun barumu sering meleset. Setelah menyusun resolusi bukannya gerak cepat, yang kamu lakukan malah santai-santai. Tahu-tahu gak terasa sudah hampir menjelang tahun berikutnya.

Nah, semoga dengan penjelasan tadi bisa membuatmu sadar apa saja yang harus dibenahi, ya. Dengan demikian, resolusimu bisa terlaksana!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak