facebook

Wajib Simak, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Rusaknya Hubungan Persahabatanmu

Santi Kartika
Wajib Simak, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Rusaknya Hubungan Persahabatanmu
Ilustrasi persahabatan (Pexels.com/Liza Summer)

Hubungan persahabatan yang baik dapat terus dijaga dengan beberapa cara, di antaranya yaitu adanya kepercayaan yang saling dibangun, adanya saling terbuka satu sama lain, serta adanya rasa menghormati satu sama lain.

Hubungan persahabatan yang tidak dijaga dengan baik akan dengan mudah hancur dengan sendirinya. Bahkan, hubungan persahabatan dapat dengan mudah hancur dikarenakan adanya kesalahpahaman atau masalah sepele.

Untuk menghindari hubungan persahabatan menjadi hancur, maka kita perlu mengetahui hal-hal yang biasanya menjadi penyebab dari kehancuran sebuah hubungan persahabatan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab rusaknya hubungan persahabatan.

1. Selalu ingin membuktikan diri benar dan selalu ingin menang argumen

Ilustrasi persahabatan (Pixels.com/Alex Green)
Ilustrasi persahabatan (Pixels.com/Alex Green)

Ketika dalam diskusi atau penyelesaian masalah kamu hanya ingin membuktikan dirimu benar, maka kamu akan menghancurkan hubungan persahabatan itu sendiri.

Ketika kamu hanya ingin menang argumen, maka kamu kehilangan esensi bahwa diskusi itu untuk menyelesaikan masalah yang ada.

2. Tidak meminta maaf atas kesalahan yang dibuat

Ilustrasi persahabatan (Pexels.com/Keira Burton)
Ilustrasi persahabatan (Pexels.com/Keira Burton)

Setiap orang pasti pernah berbuat salah. Ketika berbuat salah dan kesalahan tersebut berdampak pada orang lain, maka kamu harus meminta maaf.

Kamu harus meminta maaf atas kesalahan yang terjadi dan jangan pernah menyalahkan orang lain atas kesalahan yang kamu buat sendiri.

3. Kurangnya apresiasi terhadap orang lain

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Pixabay)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Pixabay)

Setiap orang pasti butuh untuk diakui dan diapresiasi. Kalau kamu ingin menjaga agar hubungan persahabatanmu langgeng, kamu harus mulai untuk mengapresiasi setiap hal kecil yang orang lain lakukan.

Misalnya, kamu mengapresiasi hadiah yang sahabatmu berikan kepadamu, serta kamu menghargai waktu yang diluangkan sahabatmu untuk bertemu kamu.

4. Sikap selalu mementingkan diri sendiri

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Yan Krukov)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Yan Krukov)

Hubungan persahabatan harus terjadi dua arah, artinya kamu boleh mementingkan diri sendiri, namun jangan lupa untuk tetap mementingkan orang lain juga.

Apabila kamu hanya mementingkan diri sendiri tanpa mementingkan orang lain juga, maka hal ini akan membuatmu terlihat sangat egois.

5. Terputus komunikasi dengan sahabatmu

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Alex Green)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Alex Green)

Setiap orang tentu memiliki kesibukan masing-masing, namun kesibukan tersebut seharusnya tidak menjadi penghalang untuk berkomunikasi dengan sahabat.

Meskipun tidak bisa dilakukan secara intens, tetapi kamu harus tetap menjalin komunikasi dengannya agar hubungan persahabatan kamu juga tetap awet.

Itu tadi adalah hal-hal yang dapat menjadi penyebab dari rusaknya hubungan persahabatan. Pastikan kamu menghindari hal-hal tersebut, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak