facebook

3 Tips Menabung agar Pundi-pundi Tabunganmu Bertambah, Mudah!

Riva Khodijah
3 Tips Menabung agar Pundi-pundi Tabunganmu Bertambah, Mudah!
Ilustrasi menabung.[pixabay.com/quincecreative]

Mengapa menabung itu penting? Salah satunya, adalah sebagai dana darurat. Apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, maka sudah ada dana tersedia. Dengan begitu, kamu jadi tak merepotkan banyak orang, dan bisa terhindar dari keharusan untuk berhutang.

Meski banyak orang sudah mengetahui manfaat menabung, tapi nyatanya banyak yang masih kesulitan menerapkannya. Selain persoalan penghasilan yang kurang, gaya hidup boros kerap jadi penyebab dana tabungan enggak bertambah-tambah.

Nah, agar pundi-pundi tabunganmu enggak stuck, berikut beberapa tips supaya tabungan bisa bertambah. Mari disimak!

1. Tambah penghasilan

Niat menabung sudah kuat. Akan tetapi, masalahnya kebutuhan lebih besar dari gaji yang didapat. Enggak mungkin, dong, demi menabung sampai kelaparan segala? Kalau ini yang terjadi, maka mau tak mau kamu wajib menambah penghasilan supaya ada tambahan uang yang dapat kamu alokasikan ke tabungan.

Ada banyak, kok, cara untuk menambah penghasilan. Buat kamu yang jago masak atau membuat kue, kamu bisa menawarkan jasa tersebut dengan sistem Open PO (Purchase Order). Dengan demikian, kamu enggak mesti keluar modal, plus sudah pasti produkmu ada yang beli.

Ide lain untuk menambah penghasilan bisa juga lewat menulis. Misalnya, menulis di laman Yoursay. Kan, lumayan hasilnya bisa ditabung.

2. Menabung uang dengan nominal tertentu

Kamu bisa pula menabung dengan cara tiap kali bertemu dengan uang nominal tertentu, maka otomatis jadi jatah tabungan. Sebagai contoh, kamu memutuskan nominal Rp 20.000 untuk ditabung. Maka, setiap kali habis belanja dan kebetulan ada uang kembalian sejumlah itu, artinya masuk ke celengan. Nanti kalau sudah banyak bisa disetorkan ke bank.

3. Menabung sesuai tanggal

Tips menabung selanjutnya yang dapat kamu coba, yaitu menabung sesuai tanggal. Misalnya, tanggal 1 berarti menabung senilai Rp 1.000, kemudian tanggal 2 berarti Rp. 2000, dan seterusnya.

Bisa pula dengan memilih tanggal ganjil atau genap. Sebagai contoh setiap ketemu tanggal ganjil maka wajib menabung uang sebesar Rp 5.000. Tabungan yang nominalnya tampak sedikit, tapi kalau dikumpulkan secara konsisten, maka akan jadi banyak, lho!

Itu dia beberapa tips menabung yang bisa kamu coba. Menurutmu tips ke berapa yang paling utama?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak