facebook

5 Tanda Kamu Punya Kesehatan Mental Baik, Tidak Iri Hati pada Orang Lain

Santi Kartika
5 Tanda Kamu Punya Kesehatan Mental Baik, Tidak Iri Hati pada Orang Lain
Ilustrasi membantu (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kesehatan mental dapat didefinisikan sebagai cara bagaimana seseorang berpikir, merasakan, dan bertindak. Kesehatan mental juga merupakan hal yang penting, sebab kesehatan mental sangat dapat memengaruhi bagaimana cara kita menjalani hidup sehari-hari, memengaruhi hubungan yang kita jalin, hingga memengaruhi kesehatan fisik. Dengan mengelola kesehatan mental tetap baik, maka kamu akan dapat menjalani hidup dengan lebih mudah.

Berikut ini dijelaskan lebih lanjut mengenai tanda kalau kamu memiliki kesehatan mental yang baik.

1. Kamu senang membantu orang lain

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Julia Avamotive)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Julia Avamotive)

Apabila ada orang yang meminta pertolonganmu, kamu akan dengan senang hati membantu orang tersebut. Dengan sifatmu yang seperti ini, maka orang lain pun akan merasa senang dan tidak akan sungkan untuk meminta pertolonganmu.

2. Kamu tidak iri hati terhadap orang lain

Ilustrasi pertemanan (Pixels.com/Elle Hughes)
Ilustrasi pertemanan (Pixels.com/Elle Hughes)

Kamu tidak akan iri terhadap orang lain. Apabila orang lain mendapatkan kebahagiaan, kamu juga ikut merasakan kebahagiaan tersebut. Apabila seseorang mendapatkan pencapaian tertentu, kamu juga ikut senang terhadapnya.

3. Kamu memiliki batasan yang kamu buat sendiri

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Pavel Danilyuk)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Orang dengan kesehatan mental yang baik pasti memiliki batasan-batasan (boundaries) yang mereka ciptakan sendiri. Mereka akan berani untuk berkata tidak kepada orang lain. Mereka juga akan berani menolak ajakan orang lain. Selain itu, mereka pasti juga akan menghormati dan menghargai batasan (boundaries) yang dimiliki orang lain.

4. Kamu tidak menyimpan dendam pada orang lain

Ilustrasi bahagia (Pexels.com/Helena Lopes)
Ilustrasi bahagia (Pexels.com/Helena Lopes)

Kamu juga bukan pribadi yang menyimpan dendam terhadap orang lain. Misalnya, apabila kamu dikritik orang lain, kamu tidak akan marah dan tidak akan menyimpan dendam terhadap orang tersebut. Sebaliknya, kamu menjadikan kritikan tersebut sebagai masukan yang positif kepadamu agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

5. Kamu menikmati hal-hal kecil dalam hidupmu

Ilustrasi bahagia (Pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi bahagia (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu akan menghargai dan mengapresiasi setiap hal kecil yang ada. Kamu menikmati berkumpul bersama keluarga di rumah, menikmati teh hangat di pagi hari, serta menikmati kebersamaan dengan teman. Hal-hal kecil seperti itu akan cukup membuatmu senang dan bahagia.

Itu tadi deretan tanda kalau kamu memiliki kesehatan mental yang baik. Kamu juga harus bisa mengubah cara pandang terhadap sesuatu menjadi lebih positif.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak