facebook

Ini 5 Cara Berhenti Jadi People Pleaser, Gak Sehat Lho!

Santi Kartika
Ini 5 Cara Berhenti Jadi People Pleaser, Gak Sehat Lho!
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Thirdman)

People pleaser dapat didefinisikan sebagai adanya rasa atau keinginan dari seseorang untuk selalu menyetujui apa yang orang lain minta, karena takut mengecewakan orang lain. Seorang people pleaser akan takut menolak terhadap ajakan atau keinginan orang lain.

Dengan menjadi people pleaser memang akan menghindarkan kita dari terjadinya konflik dengan orang lain. Namun, lama-kelamaan kamu akan merasa lelah dan tidak bahagia akibat selalu menyanggupi keinginan orang lain.

Seorang people pleaser juga cenderung akan lebih berfokus pada kebahagiaan orang lain dibandingkan diri sendiri. Mulai saat ini, kamu harus mulai untuk memprioritaskan kebahagiaan diri kamu sendiri dibandingkan orang lain.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk berhenti menjadi seorang people pleaser.

1. Kamu harus membuat batasan sendiri

Ilustrasi wanita (Pexels.com/MART PRODUCTION)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/MART PRODUCTION)

Seorang people pleaser mungkin tidak menyadari bahwa mereka seharusnya memiliki batasan yang harus dibuat di hidup mereka.

Kamu bisa mulai untuk membuat list mengenai hal-hal yang kamu lakukan untuk orang lain yang membuatmu tidak bahagia.

2. Kamu harus berani berkata tidak, dan berani menolak ajakan orang lain

Ilustrasi wanita (Pexels.com/cottonbro)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/cottonbro)

Seorang people pleaser pasti tidak berani berkata "tidak" terhadap orang lain. Ketika dimintai pertolongan, seorang people pleaser akan selalu berkata "ya".

Berkata "tidak" bukan berarti kamu egois, akan tetapi itu artinya kamu mulai memperhatikan kebahagiaanmu sendiri.

3. Kamu harus ikuti kata hatimu

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Pavel Danilyuk)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Jika kamu ingin berhenti menjadi people pleaser, maka kamu harus ikuti kata hatimu. Kata hatimu mungkin akan mengatakan bahwa orang tersebut tidak worth it untuk waktu dan energimu yang kamu habiskan dengannya.

4. Kamu harus ingat bahwa kamu tidak bisa menyenangkan semua orang

Ilustrasi bahagia (Pexels.com/Matheus Bertelli)
Ilustrasi bahagia (Pexels.com/Matheus Bertelli)

Kamu harus ingat bahwa kamu tidak bisa menyenangkan semua orang. Kamu harus mulai berperilaku apa adanya saja, sebab orang yang menyukaimu akan benar-benar menghargai dirimu yang sebenarnya.

5. Kamu harus memprioritaskan dirimu dibandingkan orang lain

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kunci kebahagiaan diri sendiri adalah harus mulai berfokus pada hal-hal yang membuat diri sendiri bahagia. Kamu harus memprioritaskan kebahagiaan sendiri dibandingkan kebahagiaan orang lain.

Kamu juga harus berani menolak apa yang membuatmu tidak bahagia. Berhenti memikirkan kebahagiaan orang lain, hanya fokuslah pada kebahagiaan diri sendiri.

Itu tadi adalah deretan cara agar kamu bisa berhenti menjadi seorang people pleaser. Sejatinya, kebahagiaan yang sejati adalah kebahagiaan diri sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak