facebook

4 Hal Sederhana untuk Menguatkan Hubungan dengan Saudara Kandung

Susanti ..
4 Hal Sederhana untuk Menguatkan Hubungan dengan Saudara Kandung
Ilustrasi saudara kandung (freepik.com/nakaridore)

Tidak semua hubungan antara saudara bisa dekat. Iklim kompetisi yang tinggi sejak kecil, atau kesibukan masing-masing saat dewasa adalah beberapa penyebab hubungan dengan kakak adik tidak bisa berjalan baik. Namun tenang saja, berikut ini akan dibahas mengenai beberapa hal sederhana yang bisa kamu terapkan mulai sekarang untuk menguatkan hubungan dengan saudara kandung. Mari disimak!

1. Memelihara sifat maaf

Apakah kamu sering bertengkar dengan saudara? Saat bertengkar tak jarang membuat kalian saling mendiamkan sampai berhari-hari lamanya. Nah, jika ini sering terjadi sebaiknya mulai dibenahi, deh.

Dari sekarang coba pelihara sifat maaf. Terlepas dari hubungan saudara atau bukan, namanya konflik atau cekcok akan selalu terjadi dalam berbagai hubungan antara manusia, lho. Kamu bisa hidup sendirian kalau tiap berantem dengan orang lain ujung-ujungnya memutuskan hubungan atau aksi mendiamkan sampai waktu tak terbatas.

2. Memberi dukungan, bukan memojokkan

Setiap orang pasti pernah melakukan salah. Jika kebetulan saudaramu melakukannya, wajar jika kamu menasihati agar dia tak terjerumus dalam jurang kesalahan yang sama. Hanya saja, pastikan cara penyampaiannya baik-baik, ya.

Ketika dia salah, jangan dipojokkan. Justru saat itu dia butuh dukungan agar mentalnya kuat menerima berbagai konsekuensi dari kesalahannya tersebut.

3. Hormati batasan pribadi

Meskipun kalian saudara kandung, tapi ingat, lho, tiap orang punya batasan personal masing-masing. Tugasmu sebagai saudara kandung yang baik, adalah menghormati batasan tersebut.

Contoh menghormati batasan pribadi, mengetuk pintu dulu saat hendak masuk ke kamar saudaramu. Kalau sudah dipersilakan, baru masuk. Selain itu, jangan sembarangan memakai barang-barang saudaramu. Kamu gak pernah tahu apakah barang itu sangat berharga baginya, atau mendapatkannya kudu berdarah-darah.

4. Menghormati keputusan hidupnya

Walaupun statusmu saudara kandung, tapi bukan berarti berhak untuk mengatur hidupnya. Kamu pun pasti gak suka, kan, kalau hidupmu diatur-atur? Makanya, cobalah hormati keputusannya meski hal itu bertentangan dengan apa yang menurutmu benar.

Ingat, lho, yang menjalani hidupnya adalah dia sendiri. Kamu hanya jadi pengamat. Jadi, biarkan dia memilih jalan hidupnya secara merdeka.

Itulah empat hal sederhana yang jika diterapkan dapat menguatkan ikatan hubungan antara kamu dan saudara kandung, lho. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak