facebook

5 Keuntungan Memilih Pekerjaan Sesuai Minat, Tidak Gampang Merasa Lelah!

Susanti ..
5 Keuntungan Memilih Pekerjaan Sesuai Minat, Tidak Gampang Merasa Lelah!
Ilustrasi wanita sedang bekerja (freepik.com/tirachardz)

Menjalani sesuatu bertentangan keinginan biasanya membutuhkan effort besar. Itu sebabnya, yang paling ideal adalah bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat. Dengan begitu, meski tugasnya banyak, bisa dijalani dengan hati gembira jadinya gak gampang lelah. Nah, agar kamu gak asal pilih pekerjaan, berikut akan dikemukakan beberapa keuntungan apabila memilih pekerjaan sesuai minat. Seperti apa? Mari simak ulasannya.

1. Tugas bisa dikerjakan dengan happy

Keuntungan pertama dari memilih pekerjaan sesuai minat yang kamu sukai, adalah jadi bisa mengerjakannya dengan happy. Beda banget dengan karyawan yang bekerja gak sesuai bidang yang disuka. Isinya keluhan melulu meskipun tugas yang mesti diselesaikan sebenarnya mudah.

Sementara kalau mengerjakannya dengan bahagia, walaupun susah, kamu bisa melakukannya dengan antusias. Malah semakin susah semakin bikin kamu semangat karena dianggap sebagai tantangan. Jadi gak berasa sedang kerja!

2. Minim tingkat stres

Di antara sumber stres orang dewasa, adalah pekerjaan. Ini bisa disebabkan kemacetan yang harus dijalani tiap hari saat pulang pergi kerja. Bisa pula disebabkan lingkungan kerja tak nyaman, atau pekerjaan itu sendiri yang bertentangan dengan yang disuka.

Itu sebabnya, jangan mencemooh orang yang kukuh kerja di bidangnya. Hal itu demi kesejahteraan diri sendiri, yang mana berhak dimiliki oleh siapa pun. Kesehatan mental terjaga juga termasuk kesejahteraan juga, lho.

3. Karier lebih cepat berkembang

Karena bergelut di bidang yang disuka, kamu jadi gak takut dengan tantangan. Ketika ada kesempatan yang menuntut tanggung jawab lebih besar atau skill yang harus kamu pelajari lagi, kamu gak ragu mengambil kesempatan itu.

Kondisi inilah yang membuat orang yang berkecimpung di bidang yang diminati biasanya punya perkembangan karier yang bagus. Performa kerjanya jempolan!

4. Lebih kreatif

Orang yang bekerja sesuai minat biasanya jadi lebih kreatif. Hal ini didorong keinginan untuk memberikan yang terbaik. Perasaan senang dengan bidang yang digeluti membuat kamu bisa memberikan berbagai ide baru dari pemikiran yang jernih.

5. Bisa lebih fokus

Di antara masalah yang sering mengintai para pekerja, adalah sulit berkonsentrasi. Hal ini menyebabkan penurunan produktivitas yang pastinya akan merugikan pihak perusahaan maupun diri sendiri.

Orang yang bekerja sesuai minat umumnya bisa lebih fokus, lho, karena merasa asyik saat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

Itulah lima keuntungan memilih pekerjaan sesuai minat. Semoga dari uraian tadi bisa jadi pertimbanganmu untuk lebih selektif dalam memilih pekerjaan. Jangan sampai karena terburu-buru ingin kerja, kamu malah jadi tidak bahagia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak