facebook

5 Ciri yang Hanya Dimiliki oleh Sahabat Sejati, Apa Temanmu Memilikinya?

Zahrin Nur Azizah
5 Ciri yang Hanya Dimiliki oleh Sahabat Sejati, Apa Temanmu Memilikinya?
Ilustrasi sahabat (Pexels/ Helena Lopes)

Tidak dapat dimungkiri bahwa setiap orang sangat menginginkan teman atau sahabat yang dapat diandalkan. Sayangnya tidak semua orang yang kita kenal dapat dikategorikan sebagai sahabat sejati. Pasti kamu pernah mendengar istilah toxic relationship. Sebuah hubungan merugikan yang hanya menguntungkan satu pihak saja. Jika kamu berada di posisi itu lebih baik kamu putuskan saja hubungan yang tidak sehat itu.

Kita sendiri juga tidak bisa mengetahui dengan pasti bagaimana sifat dari seseorang apalagi dari seorang teman atau sahabat. Karena setiap orang pandai menyembunyikan sifat aslinya, mau tidak mau kita juga harus berhati-hati ketika berhadapan dengan mereka. Namun apakah kamu pernah merasa nyaman dan aman jika berada dekat dengan temanmu? Perasaan nyaman seperti apapun masalahmu dia akan selalu berada di sampingmu. Jika kamu menemukan orang yang seperti itu, maka selamat kamu telah menemukan seseorang yang layak disebut sebagai sahabat sejati.

Memang untuk mengetahui apakah orang itu benar-benar tulus padamu adalah hal yang sulit. Namun ada lima ciri-ciri yang bisa kamu perhatikan apakah orang tersebut benar-benar sahabat sejati. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Siap mendengarkan apapun masalahmu

Tidak semua orang mau mendengarkan keluh kesahmu. Hanya sahabat sejatilah yang mau menemanimu dan mendengarkan ceritamu. Saat bercerita dengannya kamu tidak akan merasa takut jika masalahmu akan bocor dan disebarkan ke orang lain, karena temanmu itu akan langsung tutup mulut dan akan menyimpan rahasiamu tanpa diminta sekalipun.

2. Menemani di saat senang maupun susah

Hanya sahabat sejati yang akan ikut senang saat kamu mendapatkan kebahagian, dan ikut bersedih jika kamu mendapatkan kemalangan. Apapun keadaanmu mereka akan setia menemanimu. Karena terkadang kamu akan bertemu dengan orang yang akan senang ketika kamu mendapatkan musibah dan justru merasa terganggu jika kamu bahagia. Orang yang seperti ini lebih baik kamu hindari saja karena pada dasarnya mereka tidak ingin melihat kehidupanmu lebih baik dari mereka.

3. Sangat mengerti dirimu

Sahabat sejati biasanya akan sangat mengerti dirimu. Bahkan kesukaanmu dengannya bisa jadi sama. Tentu saja ini akan menyenangkan karena apapun yang kamu bicarakan dengannya pasti nyambung dan berakhir dengan canda tawa. 

4. Menerimamu apa adanya

Seorang sahabat pasti akan menerimamu apa adanya. Baik itu sifat baikmu, sifat burukmu, atau bahkan kesalahanmu. Mereka akan mencoba sabar untuk menghadapimu dan berusaha untuk memaafkanmu. Jadi ketika kamu tahu bahwa kamu baru saja berbuat salah padanya dan membuatnya tersinggung, cepat-cepatlah untuk meminta maaf sebelum terlambat.

5. Terus memberikanmu semangat dalam menjalani hidup

Terkadang permasalahan yang datang dapat membuatmu putus asa dan merasa sudah tidak ada harapan lagi. Disinilah sahabat sejati akan langsung berupaya untuk menguatkanmu. Mungkin kamu akan mendengarkan kata-kata penyemangat dari mereka yang bertujuan untuk membuatmu kembali semangat. Jika kata-kata tadi belum bisa membuatmu lebih baik, maka lihatlah niat hati mereka yang sudah susah payah agar membuatmu kembali tersenyum. Sadari kehadiran mereka yang mau meluangkan waktu untuk menghiburmu, maka dengan sendirinya kamu akan merasa lebih baik. Kamu beruntung masih ada orang yang mau menemanimu bahkan dalam kondisi terpuruk sekalipun.

Itulah lima ciri-ciri orang yang bisa kamu anggap sebagai sahabat sejati. Jika kamu sudah menemukan orang dengan ciri-ciri seperti itu, segera jaga mereka dan jangan sampai membuat mereka kecewa. Karena tidak mudah untuk menemukan orang baik sepertinya di antara ribuan orang yang pernah kamu temui.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak