facebook

4 Cara Mengatur Finansial dengan Penghasilan yang Tidak Besar

Dhelvin Agung
4 Cara Mengatur Finansial dengan Penghasilan yang Tidak Besar
Ilustrasi penghasilan. (pexels/Karolina Grabowska)

Memiliki penghasilan yang tidak besar sebenarnya masih bisa kamu tabung. Asalkan, kamu bisa mengatur finansial. Sebab, walaupun kamu memiliki penghasilan yang cukup besar. Namun, jika kamu tidak bisa mengaturnya. Maka, kamu akan merasa kesulitan untuk menabung. Oleh karena itu, kamu harus menerapkan beberapa cara dibawah ini agar finansial kamu tetap teratur. Berikut ini 4 cara mengatur finansial dengan penghasilan yang tidak besar.

1. Hindari Berbelanja Berlebihan

Ketika kamu sedang berbelanja, maka kamu jangan pernah berlebihan. Sebab, berbelanja berlebihan akan membuat kamu bersikap boros. Tentu saja hal ini akan membuat finansial kamu jadi tidak teratur. Oleh karena itu, untuk menghindari berbelanja berlebihan. Maka, kamu harus bisa membedakan mana kebutuhan yang harus kamu beli dan mana keinginan yang tidak harus kamu beli.

2. Memahami Kondisi

Kamu harus bisa memahami kondisi uangmu ketika kamu ingin membeli sesuatu. Jika kondisi uangmu sedang tidak baik, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah untuk tidak membeli apapun dulu. Lebih baik kamu menyimpan uangmu dulu. Sebab, jika kamu tidak bisa memahami kondisi, maka masalah finansial kamu akan menjadi tidak teratur.

3. Menghitung Pengeluaran

Dengan kamu menghitung pengeluaran, maka kamu bisa memiliki batasan dalam berbelanja. Sehingga, sisa penghasilan kamu bisa untuk ditabung. Dengan begitu, masalah finansial kamu akan tetap aman, walaupun penghasilan kamu tidak besar. Bukan hanya itu, dengan kamu menghitung pengeluaran juga bisa membuat kamu mengevaluasi barang yang harganya tidak terjangkau yang seharusnya tidak kamu beli.

4. Memiliki Tujuan dalam Berbelanja

Ketika kamu ingin berbelanja, maka kamu harus memiliki tujuan yang jelas. Kamu harus bisa menggunakan uangmu untuk membeli barang yang sesuai kamu perlukan. Sebab, jika kamu dalam berbelanja tidak memiliki tujuan, maka masalah finansial kamu akan menjadi tidak teratur. Bukan hanya itu, barang yang kamu beli juga akan menjadi sia-sia.

Itulah empat cara mengatur finansial dengan penghasilan yang tidak besar. Oleh karena itu, kamu harus bisa menerapkan cara seperti di atas. Agar kamu tetap bisa menabung, walaupun penghasilan kamu tidak besar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak