facebook

Cepat Sadar! Ini 3 Jenis Teman yang Harus Ditinggalkan agar Hidup Lebih Berkualitas

Keza Felice
Cepat Sadar! Ini 3 Jenis Teman yang Harus Ditinggalkan agar Hidup Lebih Berkualitas
Ilustrasi teman.[freepik.com/wayhomestudio]

Dalam hidup ini kamu harus pandai dalam memilih lingkaran pertemanan. Sebab, secara tak langsung pergaulan dapat membentuk kepribadianmu. Tidak semua jenis teman itu buruk, tetapi tidak pula semuanya baik. Akan tetapi, kamu juga tidak dapat berteman dengan sembarang orang. Agar hidupmu jadi lebih berkualitas, sebaiknya hindari beberapa jenis teman berikut ini.

1. Teman yang Suka Menghina Keputusanmu

Kamu perlu menghindari teman-teman yang toxic. Salah satunya yaitu mereka yang tidak memberikan dukungan padamu melainkan menghina setiap keputusanmu. Mereka juga meragukan apa yang kamu pilih tanpa memberikan solusi. Dengan arti lain mereka sedang berusaha membuat kamu tak percaya terhadap kemampuan diri sendiri.

Sehingga bila kamu tidak teguh pendirian, bisa saja keputusan yang awalnya akan berdampak baik, justru berubah menjadi keputusan yang buruk. Hal ini disebabkan oleh teman yang menghina keputusanmu dan memaksamu menuruti apa yang mereka inginkan dan dianggap paling benar.

2. Teman yang Sering Kali Memanfaatkan Kamu

Semestinya kalian sama-sama berlari menuju masa depan. Sayangnya mereka bukan menarikmu untuk pergi bersama, tetapi hanya memanfaatkan kelebihanmu. Mereka menjadikanmu sebagai pijakan untuk menggapai keinginannya dan meninggalkan kamu ketika membutuhkan bantuan.

Jenis teman seperti ini sudah jelas tidak akan memberikan timbal balik kepadamu. Sebab, yang dia pikirkan hanyalah cara untuk mengambil keuntungan darimu. Meskipun kamu sudah banyak menolongnya, tetapi dia tidak akan pernah membalasnya dan tetap mementingkan dirinya sendiri.

3. Meninggalkan Saat Kamu Butuh

Sebagai teman semestinya saling tolong-menolong bukanlah perkara yang sulit. Sayangnya, di sini hanya kamu yang menganggapnya teman. Sementara mereka tidak memperlakukanmu selayaknya seorang teman. Mereka akan meninggalkan ketika kamu membutuhkannya dengan memberikan berbagai alasan yang tidak masuk akal. Bahkan, sekadar untuk mendengarkan curhatanmu pun mereka tetap menolak. Karenanya, kamu harus segera meninggalkan teman seperti ini bila ingin hidupmu berkembang. 

Apakah kamu pernah menemukan beberapa jenis teman ini? Apabila kamu mengalaminya, tak ada salahnya bila kamu menghindari mereka. Temukan teman lainnya yang dapat memperlakukanmu dengan baik sehingga hidupmu jadi lebih berkualitas!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak