facebook

Bakal Berguna, 4 Alasan Mengapa Kamu Tak Boleh Menyepelekan Uang Receh

Dream Praire
Bakal Berguna, 4 Alasan Mengapa Kamu Tak Boleh Menyepelekan Uang Receh
ilustrasi uang (Pexels.com/Cottonbro)

Kamu pasti sering menerima uang receh hasil kembalian saat berbelanja. Banyak orang tidak menganggap penting uang receh karena nilai nominalnya yang kecil. Beberapa orang bahkan meletakkannya sembarangan di mana saja. Namun, sebenarnya uang receh sangat berguna dalam proses transaksi pembayaran, mengingat tidak semua harga barang bernilai bulat. Selain itu ada alasan bagus mengapa kamu seharusnya tidak menyepelekan keberadaan uang receh.

1. Untuk kembalian

ilustrasi uang receh (Pexels.com)/ Cottonbro
ilustrasi uang receh (Pexels.com/Cottonbro)

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa banyak barang yang harganya tidaklah bulat sehingga diperlukan kembalian berupa uang receh. Karena pembayaran dengan uang sudah seharusnya diberikan kembalian dengan uang juga dan bukannya diganti dengan benda lain seperti permen misalnya.

2. Bisa ditukar

ilustrasi uang (Pexels.com) Ahsanjaya
ilustrasi uang (Pexels.com/Ahsanjaya

Jika kamu rajin menyimpan uang receh, lama kelamaan uang receh kamu akan banyak jumlahnya. Saat uang receh sudah terkumpul banyak, kamu bisa menukarnya dengan uang pecahan besar yang bisa saja jumlahnya cukup untuk membeli benda yang kamu inginkan. Kamu pun bisa membantu toko atau warung yang membutuhkan uang receh untuk kelancaran transaksi jual beli. Artinya kamu sudah membantu orang lain sekaligus menabung yang nantinya akan berguna.

3. Untuk membayar

ilustrasi uang (Pexels.com)/ Cottonbro
ilustrasi uang (Pexels.com)/ Cottonbro

Saat kamu akan melakukan pembayaran dengan nilai kecil, tentu lebih baik jika kamu menggunakan uang receh ketimbang  uang besar bukan? Selain mempermudah pihak yang menerima pembayaran, biasanya kamu pun akan lebih berhati-hati membelanjakan uang dengan nilai besar milikmu. Berbeda jika sudah terpecah menjadi berbagai nilai nominal yang kecil, kamu biasanya akan cenderung mudah membeli ini dan itu yang belum tentu penting karena kamu merasa hanya mengeluarkan uang sedikit. Tahu-tahu uang kamu ludes.

4. Bisa dikoleksi

ilustrasi uang (Pexels.com)/ Skitterphoto
ilustrasi uang (Pexels.com)/ Skitterphoto

Uang receh juga bisa loh kamu jadikan benda koleksi. Siapa tahu beberapa tahun kemudian, uang yang kamu simpan menjadi langka dan nilainya pun naik di mata para kolektor. Berarti  uang receh bisa menjadi salah satu bentuk investasi.

Uang receh atau besar, sebenarnya semua harus diperlakukan dengan baik agar tidak rusak atau menjadi cacat. Menjaga kondisi uang memang sudah seharusnya menjadi kesadaran setiap orang agar alat pembayaran yang sah ini dapat bermanfaat untuk jangka waktu yang lama.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak