facebook

Segudang Manfaat Kulit Telur yang Wajib Kamu Ketahui, Bisa Dibuat Pupuk

Zakiy Marenda
Segudang Manfaat Kulit Telur yang Wajib Kamu Ketahui, Bisa Dibuat Pupuk
ilustrasi cangkang telur (Pexels.com)

Banyak sekali olahan makanan simpel yang menggunakan telur sabagai bahan dasarnya serta dapat diolah menjadi beragam menu masakan yang nikmat.

Biasanya cangkang telur yang sudah dipakai akan dibuang begitu saja. Karena sebagian orang berfikir jika kulit telur tidak bisa dimanfaatkan kembali.

Namun, siapa sangka jika cangkang telur mempunyai manfaat loh, terutama untuk tanaman. Hal tersebut pastinya akan sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki beberapa tanaman di halaman rumah.

Merangkum dari Klikdokter, Hellosehat, pertanianku.com dan Paktanidigital.com, berikut ini beberapa manfaat cangkang telur:

1. Menyembuhkan infeksi kulit

Apabila kamu sedang mengalami iritasi pada kulit atau luka, maka kamu dapat menggunakan cangkang telur ini untuk mengobatinya.

Caranya yaitu, tumbuk kulit telur sampai halus seperti bubuk, kemudian campurkan dengan secangkir cuka sari apel lalu diamkan selama beberapa jam. Kemudian, kamu dapat mengoleskan campuran tersebut pada luka ataupun jenis iritasi kulit lainnya. Luka kamu akan membaik dalam beberapa menit kemudian.

2. Menjaga kesehatan persendian

Apabila kamu mengamati secara seksama bagian dalam dari cangkang telur, kamu pasti akan menemukan adanya selaput transparan yang tipis melapisi dindingnya. Kamu juga bisa melihat selaput itu dengan jelas ketika mengupas telur rebus. 

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa suplemen vitamin yang di dalamnya terkandung membran cangkang telur bisa membantu untuk merawat dan menjaga kesehatan persendian. Hal tersebut dikarenakan selaput kulit telur terbentuk dari kondroitin sulfat, kolagen, glukosamin dan nutrisi lainnya.

3. Sebagai pupuk

Di dalam cangkang telur mengandung kalsium sebanyak 90%, sehingga sangat baik apabila dimanfaatkan untuk sumber nutrisi pada tanaman. Biasanya tanaman akan tumbuh kerdil, gagal berbuah, bunga gampang gugur, dan juga mudah sekali diserang hama, jika tanaman kekurangan kalsium.

4. Mengatasi masalah saluran air tersumbat

Pastinya kamu pernah mengalami masalah pada saluran air, seperti tersumbat hingga mengganggu aktivitas yang lainnya.

Biasanya, supaya kotoran-kotoran yang menyumbat akan ditusuk-tusuk, dengan harapan saluran bisa mengalir dengan lancar kembali.

Kamu tahu manfaat cangkang telur ini untuk mengatasi masalah yang satu ini. Caranya kamu tumbuk cangkang telur sampai halus seperti bubuk, kemudian tuang ke dalam saluran yang tersumbat, diamkan selama semalaman.

Lalu lihatlah keesokan harinya, saluran air yang tersumbat pasti akan lancar kembali. Untuk mendapatkan hasil yang optimal kamu bisa menabhakan sedikit cuka ke dalam tumbukan cangkang telur.

Wah tidak di sangka ya, kulit telur yang selama ini kita anggap sebagai limbah atau sampah ternyata sangat berguna untuk tanaman dan juga rumah tangga, semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak