facebook

6 Hal yang Harus Dipersiapkan oleh Pria sebelum Menikah

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
6 Hal yang Harus Dipersiapkan oleh Pria sebelum Menikah
Ilustrasi menikah (unsplash.com/@yeti)

Pernikahan adalah momen spesial yang paling banyak dinanti oleh setiap pasangan kekasih. Namun ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah, terutama bagi pria yang akan menjadi seorang pemimpin ataupun imam bagi keluarganya kelak. Lantas, apa saja hal yang harus dipersiapkan oleh para pria sebelum memutuskan untuk menikahi pasangannya?

Berikut 6 persiapan yang harus dilakukan oleh pria sebelum menikah.

1. Niat dan Tujuan Menikah

Niat dan tujuan menikah menjadi kunci awal sebelum seorang pria memutuskan untuk menikahi pasangannya. Karena menikah bukan hanya sekadar urusan seksual. Kamu harus memiliki niat dan tujuan untuk menjalankan perintah Tuhan serta menjadi pasangan yang bertaqwa.

2. Pengetahuan Agama

Pengetahuan tentang agama sangat penting mengingat kelak kamu akan menjadi imam bagi istrimu. Pelajari hal - hal yang berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai suami, ibadah wajib dan sunnah, serta hal lain yang berkaitan dengan agama.

3. Ilmu Parenting

Ilmu parenting akan memberikan pengetahuan kepadamu tentang cara mendidik, mengasuh, dan membimbing anak dengan baik dan benar. Bukan hanya istrimu yang kelak akan mengurus anak, tapi hal itu juga berlaku padamu sebagai pemimpin di dalam rumah tangga.

4. Kemampuan Finansial

Kemampuan finansial juga dinilai sangat penting, karena kelak kamu akan menghidupi keluargamu. Pastikan bahwa penghasilanmu sebelum menikah telah berada pada fase Finansial Saving, yang artinya dari seluruh gaji bulanan mu atau penghasilan usahamu ada yang bisa kamu sisihkan untuk menabung.

5. Kesiapan Mental

Meskipun secara fisik kamu telah siap untuk menikah, namun kamu juga perlu memastikan bahwa secara mental kamu telah siap untuk menikah. Hal itu penting karena ketika kamu menikah akan ada beban berat di pundakmu sebagai seorang pemimpin keluarga. 

6. Biaya Pernikahan

Walaupun tak ada aturan baku mengenai berapa biaya yang harus persiapkan, setidaknya kamu telah memiliki cukup uang untuk membeli mas kawin, biaya hantaran, administrasi pernikahan, baju pengantin, serta biaya tak terduga. Namun yang paling penting, jangan sampai mengutamakan gengsimu untuk mengadakan pesta pernikahan yang mewah. Tetap sesuaikan budget mu dan berdasarkan kesepakatan dari kedua belah pihak keluarga.

Itulah 6 hal yang harus dipersiapkan oleh pria sebelum menikah, semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak