facebook

4 Tanda yang Menunjukkan Luka Emosional, Sering Mengalaminya?

oce blue
4 Tanda yang Menunjukkan Luka Emosional, Sering Mengalaminya?
Ilustrasi seorang wanita (Pexels.com/Keenan Constance)

Setiap orang pastinya pernah merasakan suatu kejadian yang membuatnya terluka. Namun, lama waktu untuk penyembuhannya berbeda-beda. Ada yang sebentar dan tidak jarang juga ada yang membutuhkan waktu yang lama.

Ada 4 tanda yang menunjukkan bahwa kamu mengalami luka emosional yang belum kunjung sembuh. 

1. Bayangan kilas balik kesakitan masa lalu

Hal pertama adalah mengenai rasa sakitmu sendiri. Mungkin kita tidak bisa langsung menyadarinya hal ini ada pada diri kita. Tapi lama kelamaan, kita akan merasakannya.

Dada yang masih terasa sesak saat mengingat hal-hal menyakitkan dan sakit hatinya masih terasa jika kita mengingat hal itu. Tidak apa, tenanglah. Rasa sakit itu tidak akan kembali lagi kepada dirimu. Maafkan mereka dan dirimu sendiri.  

2. Sangat mudah menangis

Menangis memang hal wajar, apalagi untuk seorang wanita yang hatinya sangat mudah tersentuh. Namun, dibalik tangisan itu terkadang bercampur dengan emosional yang pernah kamu rasakan. Rasa sakit yang dulu masih kamu tangisi.

Bukan masalah, karena menangis juga bukan menandakan kelemahan. Jika kamu menangis karena hal yang sangat kecil, kemungkinan kamu memang merasakan kesakitan emosional. 

3. Senang menyendiri

Tentunya hal ini berbeda dengan suatu kepribadian. Bisa saja kamu adalah seorang ekstrovert tapi lebih memilih kesendirian. Orang yang masih merasakan sakit emosional menganggap bahwa waktu paling aman adalah ketika mereka sendiri.

Dengan sendiri, pikiran memang menjadi lebih tenang dan tidak ada orang lain yang bisa membuatnya terluka. 

4. Sulit mempercayai diri sendiri

Sering ragu dengan diri sendiri dan selalu merasa bersalah atas apa yang ia perbuat. Takut jika sikapnya tidak sesuai dengan keinginan orang lain. Hei, kamu pastinya sudah bisa membedakan hal tepat dan kurang tepat untuk dilakukan.

Jika memang itu hak mu, kamu tidak perlu merasa bersalah. Jangan takut dengan penilaian orang lain. Karena kebenaran tidak akan kalah dengan omongan menyakitkan.  

Kita tidak bisa langsung menyembuhkan rasa sakit emosional. Butuh waktu yang tidak sedikit. Bersabarlah dan ketahui bahwa yang dapat membuatmu bangkit juga dirimu sendiri. Jadi, percayalah pada diri sendiri bahwa kamu bisa untuk melanjutkan kebahagiaanmu kembali.  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak