facebook

4 Kebohongan yang Membuat Kita Takut dengan Kegagalan

oce blue
4 Kebohongan yang Membuat Kita Takut dengan Kegagalan
Ilustrasi sukses (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Semua orang ingin mewujudkan mimpinya. Tapi tidak semuanya bersedia untuk menerima kegagalan sebelum hal itu menjadi nyata.

Rasa takut dengan kegagalan pada nyatanya disebabkan oleh perasaan kita sendiri. Kebohongan yang terus tumbuh dan mengikis keberanian yang kita punya. Ada 4 kebohongan yang dimiliki oleh seseorang yang takut dengan kegagalan. 

1. Menganggap sukses harus punya dukungan

Sendirian tanpa orang lain yang menemani atau menyemangati rasanya memang menyakitkan. Namun, untuk kamu yang ingin sukses seharusnya kalian tidak membutuhkan pendukung. Pasalnya, pendukung sejati adalah dirimu sendiri.

Jadilah orang hebat yang mampu mewujudkan mimpi dengan berjalan sendiri tanpa ada yang menyemangati. Unsur sukses bukan pendukung, tali keberanian. 

2. Berprinsip harus sukses sepenuhnya

Kita bisa mengira dan meramal tentang hari esok. Ada banyak ketidakpastian yang ada di dunia ini, salah satunya adalah tentang waktu setelah saat ini.

Jangan menuntut dirimu untuk sukses dengan penuh tanpa merasakan kegagalan. Keberhasilan tidak didapat dengan cara cepat. Lebih baik luaskan pengetahuanmu dan meningkatkan kualitas diri untuk menyambut masa depanmu. 

3. Harus sukses di langkah pertama

Semua orang pasti menginginkan hal ini. Tapi kembali lagi, bahwa keberhasilan tidak ada yang cepat. Jika kita langsung sukses di langkah pertama, lalu kapan kita akan bersyukur dan belajar dari pengalaman?

Memulai langkah awal tapi gagal itu jauh lebih baik daripada tidak berani mencobanya. Memulai suatu hal pastinya membutuhkan tekad dan keberanian yang besar. 

4. Merasa belum siap untuk memulai

Kamu tahu hal apa yang sebaiknya dilakukan untuk mewujudkan impianmu. Namun, terkadang kita merasa ragu dan merasa belum siap. Kenyataannya, kita tidak akan pernah siap jika kita tidak mencobanya.

Jalani saja dan jangan terlalu memikirkan apa hasil selanjutnya. Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi selanjutnya jika kita hanya diam saja.  Mulailah melangkah dan anggaplah keberhasilan adalah garis akhirnya. 

Suatu kegagalan terdengar menakutkan jika kita tidak pernah mencoba untuk melangkah. Kegagalan justru menjadi teman terbaik untuk menuntunmu ke impian yang kamu inginkan. Kegagalan bukan suatu hal memalukan. Itu adalah bukti bahwa kamu tidak pernah menyerah untuk berjuang. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak