facebook

5 Tips Menyikapi Orang yang Tidak Menghargaimu, Harus Sabar!

Susanti ..
5 Tips Menyikapi Orang yang Tidak Menghargaimu, Harus Sabar!
Ilustrasi tidak menghargai (pexels.com/fauxels)

Sudah semestinya manusia bisa saling menghargai. Meski begitu, ada saja pihak-pihak yang merasa lebih baik sehingga jadi merendahkan orang lain.

Lalu, seperti apa cara menyikapi orang yang tidak menghargaimu? Berikut akan diulas lebih jauh. Mari disimak.

1. Tetap sabar

Tidak dihargai memang hal yang menyebalkan. Kendati demikian, sebaiknya jangan menyikapinya dengan emosi. Tetap kedepankan kesabaran.

Kenapa sabar itu penting? Pertama, kamu jadi gak kena hasutan yang bisa jadi memang tujuannya untuk bersikap gak respek. Kedua, hatimu jadi lebih damai karena gak peduli dengan apa pun yang dilakukannya. Toh, nilai dirimu gak berkaitan dengan dia menghargaimu atau enggak, kan?

2. Melakukan evaluasi diri

Ada kalanya kita mudah sekali menunjuk kesalahan orang lain, tapi kesalahan diri sendiri terlewat. Sebelum kesal dengan perlakuan orang lain yang tak menghargaimu, coba evaluasi kembali adakah perilaku yang bikin orang tersebut sebal. Apakah itu kamu pernah bersikap tidak hormat padanya, atau hal lain.

3. Bicarakan empat mata

Langkah selanjutnya bila kamu gak menemukan penyebab dari dirimu yang dapat bikin dia berlaku gak respek, coba bicarakan baik-baik. Tanyakan kenapa dia bersikap demikian.

Dari situ, kamu jadi tahu akar permasalahannya. Bila ternyata perilaku buruknya didorong oleh sikapmu di masa lalu, jangan sungkan untuk minta maaf dan merajut kembali hubungan kalian dengan baik.

4. Abaikan saja

Apabila cara baik-baik sudah kamu usahakan, tapi dia masih saja seperti itu, maka abaikan saja. Anggap aja dia makhluk astral yang tidak tampak.

Berinteraksi padanya hanya kalau perlu saja. Selebihnya, abaikan dan tunjukkan kalau kamu baik-baik saja tanpa respek darinya. Apa gak kepanasan, tuh?

5. Balas dengan prestasi

Ada banyak hal yang bisa membuat orang jadi gak menghargaimu. Entah itu pekerjaanmu yang mungkin berada di bawahnya, atau bisa pula disebabkan kondisi ekonomi yang sangat tak bisa dibandingkan dengannya yang sudah mapan.

Daripada marah-marah, mending fokus saja pada tujuanmu. Balas dia dengan prestasi. Biar dia malu karena sudah meremehkanmu!

Semoga dengan uraian tadi bisa membantu untuk menyikapi orang yang tidak respek terhadapmu, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak