facebook

6 Cara Memutuskan Hubungan Asmara dengan Cara Baik-baik, Pertimbangkan Sikon!

Susanti ..
6 Cara Memutuskan Hubungan Asmara dengan Cara Baik-baik, Pertimbangkan Sikon!
Ilustrasi putus hubungan asmara (freepik.com/freepik)

Putus cinta memang tidak pernah menyenangkan. Itu sebabnya, kamu mesti sebisa mungkin memutuskan hubungan dengan cara baik-baik agar tak sampai menimbulkan drama atau menyebabkan luka lebih dalam lagi. Lantas, bagaimana cara memutuskan hubungan asmara dengan cara baik-baik? Berikut akan diulas lebih jauh. Simak, ya.

1. Pertimbangkan sikon

Putus hubungan merupakan berita tidak enak, itu sebabnya kamu mesti pastikan dulu kondisinya bagaimana. Kalau ternyata dia sedang sedih atau ada masalah, sebaiknya tunda dulu. Takutnya kalau dipaksakan untuk dikatakan akan bikin beban batinnya bertambah-tambah.

Cari waktu di mana kamu dan dia sama-sama tenang. Harapannya responsnya akan jauh lebih baik dibanding saat dia sedang dalam keadaan tertekan.

2. Jangan sampaikan lewat email atau pesan singkat

Ya, memutuskan seseorang memang berat. Apalagi jika harus tatap muka. Akan tetapi, dia layak mendapat respek dengan diberi kabar olehmu secara langsung.

Oleh sebab itu, hindari memutuskannya lewat email atau pesan singkat. Selain gak sopan, nantinya bisa bikin dia susah sembuh dari luka hatinya karena seperti ada yang belum selesai. Dia gak bisa secara leluasa menanyakan kenapa kamu memutuskan hubungan.

3. Jangan memilih tempat ramai

Pilihlah tempat yang nyaman untuk diajak bicara, jangan tempat yang ramai. Selain bikin kalian gak bisa fokus, memilih tempat ramai juga berisiko membuatnya malu saat dia merespons dengan emosional keputusanmu itu.

4. Jujur, tapi tetap jaga perasaan

Hal selanjutnya yang mesti dilakukan saat memutuskan hubungan, yaitu pastikan kamu berkata jujur. Meski begitu, bukan berarti benar-benar blak-blakan tanpa memperhatikan perasaannya.

Ingat, lho, dia pernah menjadi bagian penting dalam hidupmu. Hargai dia dengan menyampaikan secara baik-baik.

5. Pastikan komunikasi berjalan dua arah

Kendati kamu di pihak yang memutuskan hubungan, bukan berarti percakapan hanya didominasi olehmu saja. Berikan pula kesempatan berbicara padanya. Supaya hatinya lega, dan siapa tahu bisa meluruskan kesalahpahaman yang selama ini sudah dipendam.

6. Jika dirasa sudah memanas, tenangkan diri

Kalau situasinya sudah memanas, jangan ikut-ikutan emosi. Coba tenangkan diri. Kalau perlu, memisahkan diri dulu sebentar darinya. Katakan kamu minta izin untuk mengademkan hati. Setelah masing-masing tenang, kalian bisa bicara baik-baik lagi.

Semoga tips tadi bisa membantumu memutuskan hubungan asmara tanpa drama dan minimal sakit hati, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak