facebook

Wajib Diingat, Ini 3 Tips Saat Berkomunikasi dengan Orang yang Mudah Emosi

Keza Felice
Wajib Diingat, Ini 3 Tips Saat Berkomunikasi dengan Orang yang Mudah Emosi
Pria dan Wanita Berdebat (Pexels)

Setiap orang mempunyai pemikiran dan permasalahan masing-masing. Hal tersebut yang terkadang menyebabkan seseorang mudah emosi dalam menghadapi kehidupannya. Mungkin banyak orang yang mudah mengendalikan dirinya, tetapi beberapa orang justru merasa kesulitan untuk mengontrol perasaannya dan bingung mengekspresikan diri saat sedang emosi. Jika tidak bisa mencari pelampiasan yang tepat, orang yang mudah emosi bisa melampiaskan amarahnya dan merugikan orang lain yang bahkan tidak tahu apa pun. Apabila kamu tidak ingin terpancing emosi olehnya, cobalah lakukan beberapa tips ini saat berkomunikasi dengan orang yang gampang emosi.

1. Tidak Perlu Memikirkan Semua Perkataannya 

Saat berkomunikasi dengan orang yang mudah emosi sebaiknya kamu jangan pernah memasukkan semua perkataan yang dia ungkapkan dalam hati dan pikiran. Seseorang yang sedang emosi biasanya sering kali bebicara asal dan kata-katanya bisa menyakiti hatimu.

Oleh sebab itulah, sebaiknya kamu tidak terlalu memikirkannya agar tidak merasa sakit hati. Kamu perlu melihat bagaimana situasi maupun kondisinya dengan bijaksana. Kalau kamu paham dia mudah emosi, baiknya pandanglah dirinya secara objektif saja sehingga kamu tidak gampang terlukai oleh perkataannya.

2. Bicaralah dalam Keadaan Tenang

Untuk menghindari perselisihan dan memicu reaksi negatif di antara kalian, sebaiknya kamu berbicara dengan tenang kepada lawan bicaramu. Apa pun yang dia lakukan dan ucapkan, kamu harus bisa menjaga intonasi suramu agar tidak meninggi. Ini akan menghindari kesalahpahaman dan juga meredam situasi agar dia tidak berpikir bahwa kamu tak terima atas perlakuannya.

Ciptakan ketenangan dengan mengambil napas dan mengembuskannya secara perlahan. Setelah itu bicaralah dengan jelas dan tidak terlalu cepat agar dia juga bisa meredam kemarahannya dan tidak menunjukkannya padamu. 

3.  Biar Kemarahannya Berlalu

Apabila kamu melawan dan merasa tidak terima dengan perilakunya padamu, ini hanya akan membuat komunikasi yang kalian jalin menjadi buruk. Semuanya tidak akan berjalan dengan lancar dan baik. Oleh karenanya kamu harus memberikan dia kesempatan untuk mengungkapkan kemarahan yang sedang dirasakan secara apa adanya.

Selagi dia tidak berkat kasar dan bermain fisik, kamu bisa membiarkannya mengomel. Ingat bahwa melawan bukan cara yang baik untuk membela diri dari orang yang gampang emosi. Cobalah pahami kemarahannya dan tak perlu membalasnya. Ketika dia sudah mulai tenang, barulah kamu bisa mengajaknya berbicara dengan santai dan penuh perhatian.

Itulah 3 tips saat berkomunikasi dengan orang yang mudah emosi. Apakah kamu bisa melakukan beberapa tips ini untuk menjaga komunikasi kalian?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak