facebook

Libur Telah Tiba, Ini 5 Ide Bermain Bersama Anak selama di Perjalanan

via shinta venessa
Libur Telah Tiba, Ini 5 Ide Bermain Bersama Anak selama di Perjalanan
Ilustrasi di dalam kendaraan (Unsplash.com/Annie Spratt)

Liburan sekolah telah tiba, banyak keluarga yang pergi keluar kota untuk berlibur atau hanya sekedar untuk refreshing. Liburan keluar kota bisa mengunjungi saudara, kerabat ataupun orang tua.

Tetapi, tidak mudah kita pergi keluar kota bersama anak, terutama anak balita yang terkadang gampang rewel ataupun cepat bosan selama di perjalanan.

Berikut ini ada 5 ide bermain bersama anak selama di perjalanan agar suasana perjalanan tidak berubah menjadi tangisan anak karena kebosanan di dalam kendaraan.

1. Tebak lagu

Bermain tebak lagu dengan cara bergantian misalnya bunda bersenandung mengikuti irama lagu yang tentunya anak-anak sudah hafal dengan lagu terebut, lalu anak menebak judul lagu tersebut dan menyanyikannnya.

Permainan dilakukan secara bergantian, setelah bunda melakukannya biarkan anak bersenandung dan giliran bunda menebak lagunya.

2. Tebak gerak

Menebak gerak yaitu melakukan gerakan kegiatan sehari-hari seperti gerakan menggosok gigi. Kegiatan ini pun dilakukan bergantian disaat bunda melakukan gerakan tersebut dan anak menebaknya gerakan apa yang dilakukan bunda, setelah itu bergiliran anak yang melakukan gerakan dan bunda yang menebaknya.

3. Mencari benda

Selama di perjalanan banyak hal yang bisa kita lihat dan amati begitupun dengan permainan mencari benda. Misalnya bunda meminta anak untuk mencari pohon, biarkan anak mencari dan menunjukkan letak pohon yang dilihatnya. Bendanya bisa apa pun yang ada di sepanjang perjalanan dan permainan ini bisa dilakukan bergantian.

4. Mencari warna

Sama dengan permainan mencari benda, permainan ini hanya berokus pada warna misalnya bunda meminta anak mencari mobil berwarna putih lalu biarkan anak mengamati dan menunjukkan letak mobil tersebut. Permainan ini juga bisa membuat anak jadi belajar warna.

5. Permainan tangan

Permainan tangan ini dilakukan langsung berdua bersama anak. Contoh permainannya seperti suwit atau pingsut, ayam-ayaman, batu gunting kertas, dan sebagainya. Permainan ini mengajarkan konsep menang dan kalah oleh karena itu anak akan belajar strategi bagaimana caranya agar bisa menang.

Nah, itulah kelima ide bemain bersama anak selama di perjalanan. Sudah siap pergi berlibur?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak