facebook

4 Hal yang Membuatmu Dapat Kesan Buruk dari Dosen, Jangan Dibiasakan!

Rania Erin Oktiara
4 Hal yang Membuatmu Dapat Kesan Buruk dari Dosen, Jangan Dibiasakan!
Ilustrasi orang kuliah (Pexels.com/Yan Krukov)

Setiap orang pasti memiliki sudut pandang dalam menilai orang lain, salah satunya dosenmu. Sebagai mahasiswa layaknya harus bisa bertanggung jawab atas dirinya sendiri dan menjaga nama baiknya dimanapun ia berada, meskipun hanya di lingkup kelas.

Mahasiswa yang terlanjur mendapat kesan buruk dari dosen biasanya segala urusan yang bersangkutan dengannya akan dipersulit dengan dosen tersebut, meskipun tidak semua dosen begini.

Namun, alangkah baiknya apabila kita tidak punya masalah dengan dosen. Berikut ada 4 hal yang membuat mahasiswa mendapat kesan buruk dari dosen. Simak selengkapnya!

1. Keras kepala

Dosen memang suka mengajak mahasiswanya berdiskusi, namun ada tipe mahasiswa yang keras kepala ketika berdiskusi. Ia merasa jawabannya sudah benar dan tidak menggubris ucapan dari dosennya.

Sebaiknya perilaku seperti ini patut dihindari, apabila kamu merasa jawabanmu sudah benar, maka sampaikan dengan kalimat yang sopan beserta paparkan data yang valid dan jangan terkesan memaksakan pendapat.

2. Sering tidak masuk kelas dan jarang mengumpulkan tugas

Mahasiswa yang sering tidak masuk kelas dan jarang mengumpulkan tugas ini memang bikin geleng-geleng kepala oleh semua dosen.

Terkadang, ia tetap tidak segera mengumpulkan tugasnya meskipun sudah dibujuk dan diberi teguran mendapat nilai rendah. Jangan sampai kamu seperti ini, ya! Sangat merugikan diri sendiri.

3. Berperilaku tidak sopan

Mahasiswa yang tidak sopan misalnya datang terlambat tanpa mengucapkan maaf, sering menelepon dosen di luar jam kerja tanpa ada kesepakatan sebelumnya, kerap tidak menghiraukan ketika dosen menjelaskan materi, dan lain sebagainya.

4. Berpakaian tidak sesuai dengan ketentuan kelas atau tidak menaati tata tertib kelas

Sebagian fakultas atau di beberapa mata kuliah tertentu biasanya ada dosen yang menganjurkan mahasiswanya untuk berpakaian khusus misalnya harus pakai jas almamater, harus pakai kemeja, tidak boleh pakai bawahan berbahan jeans, dan lain sebagainya.

Dosen akan menghargai mahasiswa yang sanggup untuk menaati tata tertib kelas tersebut, namun sebaliknya, dosen juga akan menandai mahasiswa yang sering melanggar peraturan kelasnya.

Oleh karena itu, sebagai mahasiswa hendaknya tetap menjaga perilaku dimanapun kamu berada karena akan berdampak pada nama baik atau kesan orang lain terhadap dirimu.

Nah, itu dia 4 hal yang membuat mahasiswa mendapat kesan buruk dari dosen. Jangan sampai kamu seperti itu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak