facebook

5 Tips Ampuh untuk Kamu yang Ingin Menjadi Anak Ambis, Simple!

Husein Fadhilah
5 Tips Ampuh untuk Kamu yang Ingin Menjadi Anak Ambis, Simple!
ilustrasi anak yang bersemangat (pixabay.com/Foundry)

Ambis, kata yang sering dikaitkan dengan pelajar pejuang PTN ini kini sangat populer digunakan. Ambis secara umum berarti sifat yang bersikeras untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan. Anak-anak yang ambis punya komitmen untuk tetap berjuang. Mereka bakal mengorbankan apapun untuk mencapai apa yang mereka tuju.

Untuk menjadi anak ambis memang sedikit ribet. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Ini dia tips mudah yang bermanfaat buat meng-upgrade dirimu supaya jadi anak ambis.

1. Isi kegabutanmu dengan belajar

Gabut memang menjadi penyakit anak jaman sekarang, tapi kamu bisa memanfaatkan ini untuk mengumpulkan bekal menuju keambisanmu. Pelajari materi-materi sekolahmu menggunakan berbagai metode, misalnya memajang rumus fisika di dinding kamarmu atau lihat video tutorial mengerjakan soal di Youtube.

Kamu juga bisa mengetes kemampuanmu dengan ikut try out atau olimpiade. Bukan hanya try out atau olimpiade yang diadakan di sekolah, sekarang kamu juga bisa ikut ajang tersebut secara online di berbagai lembaga. Terus asah kemampuanmu sembari menambah koleksi medalimu.

2. Kamu harus punya alasan untuk menjadi orang yang haus pengakuan dan perhatian

Yaps, kamu tidak salah dengar. Kebanyakan anak ambis memang haus pengakuan, lho. Biasanya, mereka terlahir dari anak-anak yang orang tuanya sibuk kerja. Mereka tidak pernah mendapatkan perhatian lebih dari orang tuanya sehingga mereka mencoba mencari perhatian di lingkungan lain. 

Motivasi ini bisa kamu tiru tanpa harus mengalami apa yang mereka rasakan. Coba lihat hal-hal kecil yang membuat kamu pernah merasa dijatuhkan atau dihina. Disitulah kamu bentuk tekad bahwa kamu harus balas mereka lewat prestasimu.

3. Anggap apa yang kamu lakukan layaknya game

Supaya apa yang kamu kejar terasa lebih seru, kamu bisa membuat hal ini layaknya game yang harus kamu selesaikan. Misalkan begini, jika kamu bisa mendapat 3 medali per bulan, maka kamu naik level pertama. Kalau di bulan berikutnya bisa dapat 5 medali, kamu naik level kedua. 

Atau buat pertandingan sehat dengan temanmu seperti jika diantara kalian ada yang dapat peringkat pertama, maka teman yang tidak mendapat peringkat pertama harus mentraktir yang peringkat pertama. Begitupun seterusnya. Jangan lupa di saat kemenanganmu ucapkanlah, "Misi telah selesai", haha.

4. Kamu harus meng-upgrade dirimu menjadi orang yang tidak mudah puas

Tidak mudah puas bukan berarti tidak bersyukur. Kamu bisa gunakan cara ini supaya keambisanmu enggan tumbang di tengah jalan. Pikirkan apa yang bisa kamu lakukan lebih dari apa yang kamu dapatkan saat ini. Perkuat dirimu dengan moto, "Oke, ini sudah cukup bagus, tapi kalau naik lagi bakal kelihatan jauh lebih baik, kan?"

5. Usahakan kamu punya seseorang yang selalu mendukungmu

Support system sangat mempengaruhi keambisanmu nantinya. Kehadiran mereka bisa membuatmu tetap bertahan untuk mencapai apa yang kamu inginkan. Coba cari dan temukan mereka, bisa dari keluargamu, temanmu, atau crush-mu, nih. Mereka akan mendengarkan semua keluh kesahmu, rasa lelahmu, dan memberimu pujian sehingga kamu punya semangat membara untuk terus berjuang. 

Jadi, untuk meng-upgrade dirimu supaya menjadi anak ambis harus berdasarkan kemauanmu sendiri. Jangan terlalu keras juga terhadap diri sendiri. Jalani pelan-pelan saja, asal konsisten. Silahkan dicoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak