facebook

4 Kebaikan Sederhana Ini Membuatmu Dihargai Orang Lain

oce blue
4 Kebaikan Sederhana Ini Membuatmu Dihargai Orang Lain
Ilustrasi menolong orang lain. (Pexels)

Kebaikan tidak harus dilihat oleh orang banyak. Kebaikan juga tidak harus diapresiasi dan dipuji oleh banyak orang. Tanpa kita sadari, ada banyak kebaikan kecil yang berarti untuk orang lain. Meski kecil dan sederhana, melakukannya bisa membantu orang lain.

Ada 4 kebaikan sederhana yang tidak boleh kamu sepelekan.

1. Menyapa orang lain

Menyapa orang lain tidak harus dilakukan dengan ucapan. Untuk kamu yang pemalu, hal ini pastinya tidak mudah. Menyapa orang lain juga bisa dialkukan dengan cara yang sederhana saja. Misalnya menundukkan kepala sambil tersenyum atau sekedar melambaikan tangan. Sikap ini membuat orang lain merasa dihargai dan tentunya respect kepadamu. Ramah dan tidak sombong.  

2. Mendengar cerita orang lain dengan baik

Seorang pendengar yang baik menjadi tempat nyaman bagi orang lain untuk bercerita meski hal kecil. Tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Orang lain yang sedang benar-benar membutuhkan tempat bercerita, tentunya seorang pendengar yang bersedia mendengar ceritanya sangat bermakna untuk dirinya. Tidak lagi merasa sendirian ketika sedang lelah. Seorang pendengar yang baik benar-benar orang yang hebat. 

3. Sopan kepada siapapun

Sikap sopan santun untuk masa kini terlihat semakin langka. Bahkan kepada mereka yang lebih tua. Kita tidak harus menjadi orang besar untuk dihormati. Namun, kesopanan yang kita miliki sudah cukup membuat orang lain juga menghargaimu. Bersikap ramah dan menjaga sikap dimanapun kamu berada. Jaga ucapan, jangan sampai perkataan mu menyakiti orang lain.  

4. Menawarkan bantuan

Pastinya kita pernah melihat orang lain yang sedang kesusahan. Sikap yang tepat kita lakukan adalah menawarkan bantuan. Akan lebih baik jika kita juga membantunya. Percayalah, bantuan yang kamu berikan meski sangat sederhana itu sudah cukup membuat orang lain merasa bahagia.

Jangan sungkan untuk membantu siapapun. Hal penting juga, jangan meminta imbalan setelah menolong. Ketulusanmu membuat orang lain juga berterimakasih dengan tulus. 

Jangan pernah bosan untuk menebar kebaikan. Lakukanlah dengan niat yang baik dan hati yang tulus. Kebaikan yang kamu berikan untuk orang lain juga akan kembali kepada dirimu sendiri. Kerendahan hati membuat harga dirimu tinggi. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak