facebook

Agar Tidak Menyesal, Berikut 10 Tips Membeli Mobil Bekas

Fatson Tahya
Agar Tidak Menyesal, Berikut 10 Tips Membeli Mobil Bekas
Ilustrasi Mobil Bekas (freepik/wirestock)

Kebutuhan akan mobil saat ini memang semakin tinggi, ada yang untuk kebutuhan pribadi atau keluarga, bisnis, serta kebutuhan pekerjaan. Maka dari itu tidak hanya mobil baru saja yang diincar oleh para pembeli tetapi juga mobil bekas yang saat ini mulai dijadikan opsi oleh para pembeli.

Membeli mobil bekas tidak boleh sembarangan agar tidak menyesal, berikut 10 tips membeli mobil bekas.

1. Sesuaikan dengan budget yang tersedia

Jika ingin membeli mobil bekas, maka disarankan untuk menyisakan budget atau anggaran untuk biaya tambahan seperti biaya perawatan, karena mobil bekas biasanya akan memerlukan pergantian komponen atau membutuhkan perawatan tambahan, maka dari itu jika ingin membeli mobil bekas sesuaikan dengan budget yang tersedia.

Sisakan budget atau anggaran untuk perawatan mobil bekas.

2. Buat list mobil bekas yang menjadi target

Catat atau list mobil bekas mana saja yang menjadi opsi atau masuk dalam rencana yang akan dibeli, pastikan sesuai dengan kebutuhan penggunaan serta anggaran yang tersedia.

Dengan cara seperti ini maka akan memudahkan dalam memilih mobil bekas yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan.

3. Survei harga

Bersabarlah jika ingin membeli mobil bekas, membeli mobil bekas itu perlu kesabaran, salah satu yang membutuhkan kesabaran adalah terkait survei harga, cobalah rajin memeriksa harga mobil bekas yang diinginkan di beberapa tempat.

Karena harga mobil bekas memiliki peluang harga yang lebih variatif karena akan disesuaikan juga dengan kondisi mobil bekas tersebut.

4. Mengetahui riwayat kendaraan

Jika membeli mobil bekas track-record atau riwayat kendaraan penting untuk diketahui, riwayat kendaraan ini akan mempengaruhi kenyamanan serta keamanan mobil bekas yang akan dibeli.

5. Hubungi langsung pemilik kendaraan

Jika sudah menemukan mobil bekas incaran yang sudah cocok, ada baiknya untuk berkomunikasi dengan penjual mobil secara langsung atau pemilik kendaraan tersebut.

Tips ini juga berguna untuk memverifikasi informasi dari kendaraan tersebut.

6. Lakukan test drive

Jika sudah mendapatkan mobil yang dinginkan dan sudah mengetahui informasi dari mobil bekas yang diinginkan, cobalah untuk test drive mobil bekas tersebut.

Dikarenakan test drive adalah sarana yang paling tepat untuk menilai apakah mobil benar-benar masih layak dan memiliki kondisi yang pembeli inginkan.

Pembeli harus benar-benar merasakan kondisi mobil bekas yang menjadi target, mulai dari merasakan saat memasuki ruang kemudi, kondisi tempat duduk, posisi mengemudi, duduk di kursi penumpang, bagaimana visibitas di belakang kemudi, apakah ada bau yang tidak menyenangkan, memeriksa mesin, kondisi AC, dan lain sebagainya.

7. Membawa mekanik

Ketika memeriksa mobil bekas ada baiaknya membawa mekanik atau paling tidak orang yang memiliki pengetahuan tentang kondisi mobil, sehingga ketika membeli mobil tidak merasa tertipu karena kurangnya pengetahuan tentang mesin atau mobil.

8. Coba melakukan penawaran

Jika memang sudah merasa cocok dengan kondisi mobil bekas yang menjadi target maka coba tawar harga dari mobil bekas tersebut, ini perlu dilakukan untuk menghindari penyesalan karena merasa sudah mengeluarkan banyak uang.

9. Periksa kembali berkas kendaraan

Periksa kembali berkas kendaraan atau dokumen kendaraan, mulai dari daftar harga, sertifikat, BPKB, STNK, pajak, dan lain-lain.

Pemeriksaan kembali berkas kendaraan ini sangat penting untuk dilakukan.

10. Cari mobil bekas yang dekat dengan lokasi

Cari mobil bekas yang dekat dengan lokasi perlu dipertimbangkan, karena ini menyangkut jarak tempuh mobil bekas, selain itu jika membeli mobil bekas yang dekat dengan lokasi maka akan mudah mengetahui track-record kendaraan tersebut.

Itulah 10 tips membeli mobil bekas agar tidak menyesal, semoga mobil yang dipilih memuaskan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak