facebook

5 Perilaku Toxic pada Diri Sendiri yang Sebaiknya Kamu Hindari

Junaiha Sibue
5 Perilaku Toxic pada Diri Sendiri yang Sebaiknya Kamu Hindari
ilustrasi pria merenung.(pexels/nataliaolivera)

Perilaku negatif atau yang akhir-akhir ini lebih sering disebut perilaku toxic tak jarang kita temui di kehidupan sehari-hari. Perilaku toxic ini bisa saja dilakukan terhadap orang lain atau bahkan pada diri sendiri. Sama seperti perilaku toxic terhadap orang lain, perilaku toxic terhadap diri sendiri juga memiliki banyak dampak buruk.

Nah, berikut 5 perilaku toxic pada diri sendiri yang wajib kamu hindari untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

1. Meragukan diri sendiri dalam meraih apa yang diimpikan

Kamu adalah orang pertama yang harus percaya bahwa kamu mampu meraih mimpimu. Meskipun orang-orang meragukanmu, jangan pernah sekali-sekali kamu ikut-ikutan meragukan dirimu sendiri. Karena sesungguhnya kamulah yang paling mengerti tentang dirimu sendiri dan bagaimana kerasnya kamu berusaha. Meragukan diri sendiri dalam meraih impian hanya akan membuatmu pesimis. Tetap tekun dan yakinlah bahwa kamu bisa.

2. Negatif self talk atau kritik diri secara berlebihan

Perilaku toxic terhadap diri sendiri berikutnya adalah negatif self talk atau kritik diri secara berlebihan. Kamu boleh mengkritik dirimu sendiri dengan syarat supaya menjadi penyemangat atau penggerak untukmu menjadi maju. Tapi jangan sampai kritik itu dilakukan secara berlebihan karena justru akan menimbulkan dampak buruk untukmu. Alih-alih sebagai pembangun, kritik diri secara berlebihan malah akan membuatmu menjadi insecure dan kurang percaya diri.

3. People pleasure atau terlalu memprioritaskan kebutuhan orang lain

Orang yang cerdas adalah orang yang mengerti mana yang menjadi prioritasnya dan mana yang tidak. Begitu juga dengan dirimu, kamu harus pintar-pintar menentukan prioritasmu. Sebab jika sampai kamu terlalu mementingkan kebutuhan orang lain ketimbang kebutuhanmu sendiri atau yang sering disebut people pleasure, dikhawatirkan kamu malah akan kehilangan jati diri dan membuat orang lain berlaku seenaknya denganmu.

4. Kebiasaan menunda pekerjaan

Perilaku toxic terhadap diri sendiri berikutnya adalah kebiasaan menunda pekerjaan. Menunda pekerjaan hanya akan membuat pekerjaan itu kian menumpuk dan terlihat seperti tak pernah selesai. Yang mana hal ini justru malah membuatmu semakin stres atau tertekan. Sifat ini sangat beracun jika keseringan dilakukan. Ingat, bahwa apapun alasanmu sebaiknya lakukan pekerjaan sedisiplin mungkin, ya, sobat.

5. Perfeksionis

Terakhir adalah perfeksionis, yaitu sifat yang mengharuskan segala sesuatunya untuk selalu sempurna. Ingatlah, bahwa tidak semua hal dapat kamu kendalikan, termasuk hasil akhir. Jika sesuatu berjalan tidak sesuai rencanamu atau tidak berakhir seperti apa yang kamu inginkan, cobalah untuk berdamai dan mulai berbenah diri. Perfeksionis memang tidak selamanya salah, tapi jika sifat menuntut segala kesempurnaan itu mulai mengganggu dan menjadi racun, sebaiknya segera hindari.

Nah, itu tadi 5 perilaku toxic atau beracun pada diri sendiri yang sebaiknya kamu hindari ya, sobat. Semoga dengan begitu kamu dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan menyebarkan goodvibe untuk sekitarmu. Semangat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak