facebook

3 Cara Mengatasi Kerumitan Kegiatan Harian, Salah Satunya Buat Jadwal

Dream Praire
3 Cara Mengatasi Kerumitan Kegiatan Harian, Salah Satunya Buat Jadwal
ilustrasi orang sibuk (Pexels.com/ Shvets Production)

Dalam menjalani kegiatan sehari-hari,  banyak hal yang terjadi dan seringkali membuat kewalahan. Tak jarang kita melihat orang atau kita sendiri  berada dalm situasi berantakan  dan tak tahu bagaimana cara mengatasinya. Sebenarnya semua orang menghadapi hal yang sama walau dalam bentuk yang berbeda-beda. Tetapi sebagian orang dapat menjalani hari-harinya  tanpa terlihat tertekan dan justru tampak santai saja. Orang-orang ini memilih menyederhanakan hal-hal dalam hidupnya. Berikut kebiasaan baik yang bisa kita tiru:

1. Buat Jadwal rutinitas

ilustrasi menyusun kelender (Pexels.com/ Olya Kobruseva)
ilustrasi menyusun kelender (Pexels.com/ Olya Kobruseva)

Kamu bisa membuat jadwal  untuk  semua hal yang perlu dikerjakan setiap hari. Dengan mengikuti jadwal yang kamu buat, hal-hal yang tadinya terasa berat  akan lebih mudah dijalani karena telah menjadi rutinitas yang telah diterima oleh pikiran dan diadaptasi dengan baik oleh tubuh. Hal ini membuat kita secara fisik telah otomatis melakukan semua aktivitas harian tanpa merasa kelelahan.

Tetapi tentu saja kamu perlu membuat jadwal yang realistis sesuai kemampuan kamu. Kamu  pun harus jujur kepada diri sendiri dan tidak membuat jadwal yang terlalu ‘ringan’ karena kamu  ingin santai. Maksimalkan potensi yang kamu miliki agar kamu mendapatkan manfaat  yang baik untuk diri sendiri dan orang lain.

2. Kurangi barang-barang tak penting

ilustrasi membereskan lemari pakaian (Pexels.com/ Cottonbro)
ilustrasi membereskan lemari pakaian (Pexels.com/ Cottonbro)

Pernahkah kamu merasa kesulitan menemukan barang yang akan kamu pergunakan?  Jika kamu sering menjadi kesal karena kamu tak tahu benda yang kamu perlukan ada di mana, kemungkinan kamu memiliki barang lebih banyak dari yang kamu butuhkan.

Periksa lemari pakaian dan perhatikan barang-barang di rumah kamu. Jika banyak benda yang hampir  tak pernah kamu pakai, kamu mungkin tak memerlukan benda itu sama sekali.  Lakukan pemilahan dan singkirkan benda-benda yang hanya membebani hidup kamu.

Kamu mungkin membeli benda-benda tersebut karena didorong oleh alasan yang tidak tepat. Sekarang saatnya merelakan benda-benda itu. Kamu bisa menjual atau mendonasikan barang-barang yang masih layak pakai.

Dengan mengurangi barang-barang yang tak terpakai, kamu akan hemat waktu dan tenaga untuk merawat dan juga menemukan benda yang kamu butuhkan.

3. Bijak dengan waktu

ilustrasi waktu (Pixabay.com/ Comfreak)
ilustrasi waktu (Pixabay.com/ Comfreak)

Waktu yang tersedia akan terasa kurang jika  kamu terlalu banyak kegiatan.  Pilah-pilah kegiatan yang akan kamu kerjakan. Pastikan kegiatan itu bermanfaat untukmu. Bukan berarti kamu tak boleh bersosialisasi atau bersenang-senang. Hanya saja, kamu perlu membuat prioritas kegiatan apa yang layak kamu ikuti.

Jika terlalu banyak orang yang meminta waktumu, kamu harus  bisa memilih dengan mempertimbangkan bentuk hubunganmu dengan orang-orang itu. Misalnya saja ada ajakan untuk sering nongkrong-nongkrong di café, pertimbangkan apakah waktu yang kamu buang itu sepadan dengan manfaat untuk masa depan kamu dan apakah orang-orang itu memang sedemikian penting dan dekat denganmu?

Itulah 3 cara untuk mengatasi kegiatan sehari-hari yang mulai terasa rumit. Kamu bisa mencobanya secara bertahap. Lakukan perlahan namun kamu perlu konsisten untuk bisa memperoleh hasilnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak