facebook

Lakukan 5 Hal Ini jika Mau Kuliahmu Aman Sampai Lulus, Patut Dicoba

Desyta Rina Marta Guritno
Lakukan 5 Hal Ini jika Mau Kuliahmu Aman Sampai Lulus, Patut Dicoba
Ilustrasi Membaca Buku (Pixabay/Pexels)

Kuliah memang bukan hal yang sulit untuk dijalani, tapi justru hal-hal sepele bisa sangat berpengaruh pada kuliahmu, lho.  Kalau kamu tidak tahu, bisa jadi hal sepele yang kamu abaikan tersebut malah jadi bumerang untuk dirimu sendiri. Akibatnya akan mengganggu proses belajar di saat kuliah, bahkan lebih parahnya bisa menghambat kelulusan. Untuk menghindari hal buruk itu, ada baiknya melakukan tips di bawah ini.

Berikut ini adalah 5 hal yang perlu kamu lakukan agar kuliahmu aman sampai lulus.

1. Usahakan Absen Tidak Bolong

Absen adalah hal yang sering disepelekan oleh mahasiswa, terkadang mereka membolos dengan seenak hati dan tidak memikirkan dampak akhirnya. Padahal, kalau kamu absen beberapa kali saja bisa jadi kamu tidak bisa ikut ujian dan akibatnya tidak lulus pada satu mata kuliah tertentu.

2. Tugas Tepat Waktu

Jangan biasakan telat mengumpulkan tugas, ketepatan waktu sangat berpengaruh pada nilai yang akan kamu dapatkan. Apalagi kalau dosenmu sangat disiplin, bisa-bisa tugas tersebut tidak dinilai dan kamu dianggap tidak mengumpulkannya. Sayang banget kan? Oleh karena itu, disiplin dalam mengumpulkan tugas itu sangat penting dan tidak boleh disepelekan.

3. Jadi Mahasiswa Proaktif

Jadilah mahasiswa yang proaktif di kelas maupun di luar kelas, maksudnya disini rajin-rajinlah kamu mencari informasi agar tidak tertinggal dengan teman yang lain. Juga saat dikelas perhatikanlah setiap penjelasan dosen, kamu tidak harus mengerti materi tersebut, tapi paling tidak kalau ada informasi penting kamu tidak tertinggal.

4. Bertanggung Jawab atas Apa yang Telah Dipilih

Kamu sudah jadi mahasiswa, belajarlah untuk bertanggung jawab atas apa yang telah kamu pilih. Ujian mahasiswa itu banyak, yang akan menggoyahkan keputusanmu juga banyak, jadi kamu perlu memiliki prinsip yang akan dipegang selama kuliah. Kalau tidak, untuk melanjutkan kuliah sampai lulus akan terasa sulit dilakukan.

5. Mencari Prospek Karier yang Sesuai dengan Diri Sendiri

Tidak hanya selama kuliah, kelangsungan setelah kuliah pun juga perlu dipikirkan. Sebelum lulus, usahakan untuk mencari tahu pekerjaan yang sesuai dengan dirimu. Tidak harus sesuai dengan jurusan yang kamu jalani, yang penting kamu mau dan enjoy menjalaninya.

Itulah 5 hal yang setidaknya perlu dilakukan agat kuliahmu aman sampai lulus, sudah melakukannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak