facebook

4 Tips Supaya Kita Kembali Termotivasi untuk Bergerak Maju

oce blue
4 Tips Supaya Kita Kembali Termotivasi untuk Bergerak Maju
Ilustrasi seorang pria yang mendaki. (Pixabay/Simon)

Sebuah usaha yang dilakukan secara rutin kadangkala terasa membosankan. Tidak lagi bersemangat seperti langkah awal dulu. Entah itu sedang merasa kelelahan atau berfikir bahwa perjuangan itu tidak menghasilkan apa yang kita inginkan.

Kita memang tidak boleh menunggu motivasi datang untuk bergerak maju, tapi 4 hal di bawah ini bisa membuatmu tetap bersemangat selama berproses.  

1. Tulis tujuanmu di kertas dan tempelkan di tempat kamu selalu melihatnya

Menuliskan tujuan dan alasan mengapa kita melakukan proses ini bisa membuat dirimu tidak lagi malas. Ketika kita membaca kertas itu, energi kita akan kembali terisi dan tentunya akan bersemangat kembali. Ini tips sederhana tapi sangat membantu disaat kita benar-benar merasa malas atau tidak ada lagi semangat.  

2. Jangan mengejar kesempurnaan

Selama berproses pastinya kita juga menginginkan hasil yang terbaik dan disertai langkah yang terbaik pula. Tapi jika hal ini menjadi ambisi besar, kita akan lebih cepat untuk kelelahan karena tidak pernah merasa dirimu sudah cukup untuk berjuang. Tidak harus sempurna, lakukanlah yang terbaik dan hasilnya nanti pasti juga seimbang dengan usahamu. 

3. Jauhkan dirimu dari lingkungan kurang sehat

Jika kita sering menghabiskan waktu bersama orang-orang yang justru membuatmu semakin tidak termotivasi, sebaiknya kita mengurangi waktu untuk berkumpul dengan mereka. Lingkungan menjadi unsur penting bagaimana proses yang kita lakukan. Pilihlah teman yang mampu membuatmu tetap konsisten dan menghargai segala bentuk usahamu. 

4. Ingat kembali mengapa kamu memulai semua ini 

Kita melakukannya pasti memiliki satu tujuan yang sangat ingin kita wujudkan. Sejauh kamu berprogres, pastinya sudah banyak mengorbankan apa yang kamu miliki untuk mewujudkan tujuanmu dulu. Disaat kita sudah melangkah jauh, tentunya menghentikan prosesnya sebelum tujuanmu terwujud adalah hal yang salah.

Tetaplah bersemangat untuk meraih apa yang menjadi mimpimu. Jika lelah istirahat, bukan berhenti. Pengorbananmu sejauh ini pasti tidak akan sia-sia. 

Berproses adalah hal sulit yang kondisinya tidak selalu stabil. Terkadang prosesnya begitu sulit dan kondisi diri sendiri menjadi tidak bersemangat atau kelelahan. Tapi dengan proses tersebut, tanpa kita sadari kita sedang berusaha membahagiakan diri sendiri. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak