facebook

3 Alasan Pentingnya Dukungan Keluarga dalam Kehidupan

Sapta Stori
3 Alasan Pentingnya Dukungan Keluarga dalam Kehidupan
Ilustrasi keluarga (unsplash.com/National Cancer Institute)

Terlahir dalam keluarga yang penuh dengan kasih sayang tentu menjadi impian setiap orang. Meski situasi dan kondisi setiap keluarga berbeda-beda, tapi pada dasarnya seorang manusia pastilah mempunyai harapan untuk berada dalam keluarga yang senantiasa mendukung satu sama lain seperti apa pun keadaannya.

Ada atau tidaknya dukungan keluarga dapat memengaruhi perasaan dan kesiapan seseorang dalam menjalani kehidupan. Tentunya, ada beberapa alasan mengapa dukungan keluarga menjadi begitu penting, di antaranya adalah:

1. Keluarga menjadi tempat seseorang menaruh harapan besar

Seseorang tentunya akan menyimpan harapan yang lebih besar pada keluarganya dibandingkan pada orang lain, karena anggota keluarga menjadi orang-orang yang paling dekat dan paling mengenal dirinya. Ia tentu akan mengharapkan lebih banyak dukungan dari keluarganya sebelum dari orang lain.

Walau ada orang-orang di luar sana yang sudah terasa seperti keluarga sendiri, tidak dapat dipungkiri bahwa pertalian darah menjadi salah satu sebab seseorang merasakan hubungan emosi yang kuat dengan anggota keluarganya. Karena itulah, dukungan keluarga begitu penting dalam kehidupan.

2. Sumber kekuatan yang luar biasa

Kita kerap mendapati orang-orang di sekitar kita mampu untuk tetap tegak berdiri menghadapi semua hal yang terjadi dalam kehidupan mereka, walaupun apa yang mereka alami dan jalani sesungguhnya bukanlah hal yang mudah. Salah satu dari sekian banyak alasan mengapa mereka bisa begitu kuat adalah karena adanya dukungan keluarga.

Dukungan keluarga bisa menjadi kekuatan yang luar biasa ketika seseorang tengah berada di masa sulitnya. Tak hanya itu, dukungan keluarga juga dapat membuahkan semangat dalam diri seseorang yang tengah berusaha meraih suatu pencapaian.

3. Sebagai bukti penerimaan

Ketika seseorang mendapatkan dukungan dari keluarganya, ia akan merasa kehadirannya di dunia ini menjadi sesuatu yang berharga dan ia akan merasa diterima. Perasaan bahwa kehadirannya diterima itulah yang akan membantunya untuk mampu menghadapi segala situasi dalam kehidupannya, karena ketika sesuatu terjadi, ia tahu bahwa ia selalu memiliki tempat untuk kembali, yakni keluarganya.

Demikian tiga alasan pentingnya dukungan keluarga dalam menjalani kehidupan. Hendaknya setiap anggota keluarga saling mendukung satu sama lain ke arah yang lebih baik, saling mengingatkan ketika ada kesalahan dan memberikan dukungan terhebat ketika ada yang menghadapi kesulitan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak